Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Senin, 11/05/2015 15:37 WIB

SNC Advocacy: Militansi Mahasiswa Mengendur

Heri Aryanto SNH Advocacy Center
Heri Aryanto SNH Advocacy Center

JAKARTA_DAKTACOM: Militansi mahasiswa belakangan semakin mengendur.  Hal itu diungkapkan Herry Kuriawan pada  Pelatihan Advokasi Mahasiswa tahun 2015 yang bertajuk “Mengispirasi dari Hati Berkarakter Advokat Sejati” diselenggarakan Senin (10/05/15) oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (BEM UNJ). Acara yang digelar di Gedung Dewi Sartika Kampus A UNJ tersebut diikuti lebih dari 84 mahasiswa UNJ yang berasal dari berbagai fakultas.

Menurut perwakilan BEM UNJ, Debora Saurina, pelatihan ini merupakan media bagi aktivis-aktivis BEM UNJ untuk mengasah kemampuan advokasinya. Di samping itu, pelatihan ini sebagai wujud kepedulian sekaligus keprihatinan BEM UNJ terhadap persoalan-persoalan kampus dan bangsa Indonesia yang semakin hari semakin pelik. Debora mengharapkan, pelatihan ini menjadi sarana untuk meluruskan dan menghapus segala bentuk kesewenang-wenangan yang terjadi di dalam kampus maupun di masyarakat.

Sekretaris Jenderal SNH Advocacy Center, Harry Kurniawan yang menjadi fasilitator di acara tersebut mengungkapkan bahwa sejatinya Pelatihan Advokasi bagi mahasiswa sangatlah penting dan mendesak. Persoalan bangsa yang makin hari makin pelik, perlu campur tangan mahasiswa untuk memperbaikinya. Sementara, geliat advokasi dan militansi mahasiswa saat ini sudah mulai mengendur. “Mahasiswa sekarang sepertinya sudah enggan turun aksi di jalan, lebih suka jadi pengamat, bahkan lebih suka aksi di layar kaca”, ujar Harry.

Mahasiswa sebagai salah satu kekuatan civil society harus kembali mampu membuktikan bahwa kediktatoran maupun abuse of power dari para pemegang kekuasaan dapat diruntuhkan dengan kekuatan advokasi mahasiswa. Untuk itu Harry mengharapkan, pasca pelatihan ini BEM UNJ harus lebih kritis terhadap kebijakan-kebijakan kampus dan pemerintah yang tidak berpihak kepada mahasiswa dan masyarakat. “Mudah-mudahan pelatihan ini dapat membawa dampak positif bagi lingkungan kampus UNJ maupun masyarakat Indonesia”, pungkasnya.

Editor :
Sumber : SNH Advocacy Centre
- Dilihat 2397 Kali
Berita Terkait

0 Comments