Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 12/03/2015 13:30 WIB

Qatar Janjikan Bangun 1000 Rumah di Gaza

DOHA_DAKTACOM: Qatar menjanjikan pembangunan seribu rumah di Gaza sebagai bagian kucuran bantuan satu miliar dolar AS. Ketua Komite Pembangunan Gaza dari Qatar, Mohammad al-Amadi mengatakan Israel memperbolehkan mereka mengoperasikan empat truk semen ke Gaza sebagai proses awal pembangunan.

Ditanya mengenai hal ini dan pengawasan militer yang menjauhkan interaksi pendatang dengan Hamas, Israel menolak berkomentar. "Hari ini kami akan memulai proses pembangunan," kata Amadi yang berdiri di atas reruntuhan sebuah rumah sakit di Gaza yang hancur usai serangan 50 hari oleh Israel tahun lalu seperti dikutip Reuters, Rabu (11/3).

Otoritas Palestina dan PBB mencatat, 130 ribu rumah hancur akibat serangan itu. Amadi mengajak semua negara ikut membantu pembangunan kembali Kota Gaza pasca serang-serangan yang dilancarkan Israel.

Satu miliar dolar adalah sebagain dari 5,4 miliar dolar donasi Qatar yang sempat disampaikan dua bulan setelah serangan 50 hari di konferensi donasi global di Kairo.

Pascaserangan itu pula, Israel membatasi pasokan bahan bangunan ke Gaza yang diklaim Israel guna mencegah penyalahgunaan oleh Hamas untuk membangun terowongan. Qatar sendiri disebut dekat dengan Hamas dan pemimpinnya Khaled Meshaal.***



Editor     : Imran Nasution
Sumber : Republika.co.id

Editor :
- Dilihat 2184 Kali
Berita Terkait

0 Comments