Agenda Publik /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 11/12/2015 10:39 WIB

FIPS Gelar Pelatihan Jurnalistik Intensif

Pamflet Pelatihan Jurnalistik FIPs
Pamflet Pelatihan Jurnalistik FIPs

JAKARTA_DAKTACOM: Krisis kemanusiaan yang terjadi di Bumi Syam, khususnya Palestina dan Suriah, merupakan tragedi kemanusiaan terbesar dunia saat ini.

Informasi kemanusiaan di Bumi Syam masih minim diterima masyarakat.

Menurut laporan yang dikeluarkan PBB per bulan November, sudah lebih dari 400.000 rakyat Suriah berkalang maut dan memaksa 7,6 juta lainnya menjadi pengungsi di negara tetangga seperti Turki, Yordan, Lebanon, dan Arab serta Eropa.

Kejadian terbaru adalah serangan udara Rusia ke Suriah. Kelompok HAM di Suriah, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mencatat, sejak Rusia menyerang Suriah pada 30 September hingga 20 November 2015, 403 penduduk sipil telah meregang nyawa, termasuk di antaranya adalah anak-anak.

Sementara jumlah korban yang gugur di Palestina akibat kejahatan penjajahan Zionis sudah tak terhitung jumlahnya. Selama Oktober 2015, Departemen Kesehatan Palestina mencatat, 2167 warga Palestina ditembak oleh penjajah Zionis.

Dan setidaknya 5.645 orang Palestina lainnya menderita luka karena menghirup gas air mata yang dilepaskan tentara "Israel". Bahkan 79 warga Palestina gugur sepanjang Oktober.

Di antara 17 korban yang meninggal itu adalah anak-anak.


Saat warga Palestina dan Suriah sulit melaporkan keadaan di Bumi Syam, justru media seperti televisi dan online hadir secara cepat melaporkan penderitaan warga Palestina dan Suriah.

Untuk Suriah, jurnalis dan media turut beraksi meluncurkan kampanye nasional, menekan pemerintah mereka, supaya membantu para pengungsi yang kelaparan. Lebih dari 60 TV, radio dan media lainnya, selain ratusan blogger yang bekerja untuk mengekspos krisis kemanusiaan tersebut.

Melihat urgensi itulah Forum Indonesia Peduli Syam (FIPS) bekerjasama dengan situs Bumisyam.com menggelar Pelatihan Jurnalistik Intensif bagi masyarakat luas untuk bekerja dalam isu kemanusiaan.

Pelatihan ini bertujuan mengajak masyarakat luas untuk berkontribusi dalam isu kemanusiaan. Kami berharap dari hasil pelatihan ini dapat menjaring para relawan jurnalis yang siap bekerja dalam isu kemanusiaan di Bumi Syam.

Pelatihan ini akan diisi oleh jurnalis dan redaktur media Islam. Pelatihan akan dilaksanakan pada setiap Sabtu mulai tanggal 19 Desember 2015 sampai 9 Januari 2016 yang digelar di kantor redaksi Bumisyam.com.

Informasi pendaftaran bisa menghubungi 087839447525 (Mathori) atau 085691262654 (Tommy).

Editor :
Sumber : Humas FIPS
- Dilihat 4633 Kali
Berita Terkait

0 Comments