Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 26/07/2019 16:20 WIB

Damkar Imbau Agar Sediakan Sarana Hydrant

Hydrant
Hydrant
BEKASI, DAKTA.COM - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, mengimbau agar perusahaan hingga instansi bisa menyediakan sarana hydrant sebagai langkah antisipasi jika terjadi kebakaran.
 
Komandan Pleton Damkar Kota Bekasi, Edi Junaedi, mengimbau kepada seluruh warga Kota Bekasi maupun pemilik badan usaha, pertokoan, perkantoran, pusat pendidikan, pasar tradisional atau pasar modern, perumahan serta lingkungan perumahan padat penduduk, minimal menyediakan hydrant di lingkungan mereka.
 
"Kami mengimbau agar memperhatikan ketersediaan hydrant sebagai langkah antisipasi jika terjadi kebakaran," pintanya, Kamis (25/7).
 
Selain itu, Edi juga meminta kepada seluruh warga Kota Bekasi agar selalu waspada di saat musim kemarau kali ini dengan tidak membakar sampah di tengah-tengah pemukiman padat penduduk, lapangan luas yang ditumbuhi rumput ilalang agar tidak terjadi kebakaran besar yang diakibatkan kelalaian kita sendiri.
 
"Kami juga mengimbau agar warga tidak membakar sampah di tengah-tengah pemukiman padat penduduk yang bisa mengakibatkan kerugian dan menelan harta benda maupun nyawa," jelasnya.
 
Saat ini, diakuinya, kendala yang dihadapi berupa minimnya perusahaan maupun pertokoan pemasang hydrant pengindera asap api dan alarm sistem. Sehingga menyulitkan petugas pemadam saat melakukan pemadaman api di lokasi kebakaran.
 
"Masih minim ketersediaan hydrant-nya, sehingga menyulitkan petugas pemadam saat melakukan pemadaman apinya," jelasnya.
 
Pada kesempatan tersebut, dirinya juga meminta minimal mereka bisa menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) sebagai langkah awal dan antisipasi jika terjadi kebakaran. "Minimal mereka memiliki APAR, sehingga bisa diminimalisir kebakarannya," jelasnya.
 
Saat ini keberadaan hydrant di sejumlah lokasi di Kota Bekasi belum berfungsi dengan baik, sehingga butuh kesadaran dari warganya untuk menyediakan APAR tersebut.
 
Selain menyediakan hydrant, dirinya juga mengimbau kepada tiap-tiap perusahaan di Kota Bekasi memiliki tandon air, sehingga ketika kebakaran terjadi maka akan berfungsi secara otomatis bisa menyalurkan airnya melalui sistem yang diintegrasikan di dalamnya.
 
"Selain menyediakan hydrant air, APAR, pengindera panas dan sejenisnya, diharapkan mereka juga bisa menyediakan tandon airnya, untuk memudahkan kerja petugas pemadam kebakaran di lapangan," pungkasnya.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 349 Kali
Berita Terkait

0 Comments