Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/07/2017 13:34 WIB

Persaingan Etnis Melayu Dan Dayak Warnai Pilgub Kalbar

Pilkada 2018
Pilkada 2018
JAKARTA_DAKTACOM : Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei terkait Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat 2018, survey ini dilakukan sejak 10 sampai 19 Juli 2017 lalu dengan mengunakan sample atau responden terpilih sebanyak 1815 pemilih dari populasi warga Kalimatan Barat yang tercantum dalam daftar pemilih tetap pada Pilpres 2014 yaitu 3.506.277 pemilih.
 
"Adapun tokoh-tokoh yang diuji dalam survei jajak pendapat ini adalah Ria Norsan (Bupati Mempawah), Sutarmidji (Wali Kota Pontianak), Hildi Hamid (Bupati Kayong Utara), Milton Crosby (Mantan Bupati Sintang), dan Karolin Margret Natasa (Bupati Landak)" papar Direktur Eksekutif LKPI, Arifin Nurcahyono dalam keterangan yang diterima wartawan, Rabu (26/7).
 
Diungkapkannya bahwa temuan survei didapati bahwa masyarakat yang cukup puas dengan kinerja Pemprov Kalimantan Barat selama 5 tahun terakhir hanya 26,2%, yang sangat tidak puas sebanyak 73,8%, adapun ketidak puasan Masyarakat adalah dalam hak pembangunan Kalimantan Barat.
 
Tingkat kepuasan masyarakat lebih terkait pada infrastruktur, pelayanan terhadap masyarakat, lapangan kerja yang minim serta fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan yang juga minim.
 
LKPI juga melakukan survei atas tingkat popularitas beberapa tokoh tersebut. Hasilnya, Bupati Landak Karolin Margret Natasya adalah kandidat paling populer dengan 87,3 persen dikenal masyarakat Kalbar. Dia paling dikenal karena pernah menjabat sebagai Anggota DPR RI sebanyak dua periode sekaligus putri Gubernur Kalimantan Barat petahana.
 
Sementara mengenai siapa yang akan dipilih jika seandainya diadakan Pilgub Kalbar pada hari ini. Jawaban responden menempatkan Milton Crosby sebagai tokoh yang paling banyak dipilih yaitu sebanyak 19,3%, lalu Sutarmidji 14,4%, Ria Norsan 11,4%, Karolin Margret Natasya 11,2%, Hildi Hamid 8,3%, dan  tidak menjawab sebanyak 11,6  persen.
 
"Ada 4 Tokoh yang memiliki Elektabilitas di atas 10 Persen ini mengambarkan bahwa Ke tempat Tokoh tersebut yaitu Milton Crosby, Sutarmidji, Ria Norsan dan Karolin dimungkinkan dan berpeluang untuk bersaing, dan diprediksi Pilgub kalbar akan diikuti oleh 4 pasang dimana 2 pasang yaitu Sutarmidji dan Ria Norsan akan mewakili etnik melayu dan Muslim sedangkan Milton dan Karolin akan mewakili etnik dayak dan non Muslim" pungkas Arifin.
Reporter :
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 3594 Kali
Berita Terkait

0 Comments