Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/07/2017 08:30 WIB

Pepadi : Biaya Produksi Beras Premium Rp 10.200/kg

Ilustrasi Beras Oplosan
Ilustrasi Beras Oplosan
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Umum Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso mengungkapkan ongkos produksi beras jenis premium menurutnya rata-rata biaya produksinya saat ini mencapai Rp10.200 per kilogram.
 
“Besaran harga tersebut baru sampai ke distributor atau pengecer. Nantinya masih ditambah lagi seisih keuntungan yang harus diambil pedagang,” paparnya, Selasa (25/7).
 
Dia menjelaskan harga gabah yang diterima oleh para penggiling dari pengepul saat ini berkisar antara Rp4300 per kilogram hingga Rp4.600 per kilogram. Harga pembelian dari petani biasanya lebih rendah dari besaran tersebut.
 
Pengepul, sambungnya, akan mengambil keuntungan dari penjualan kepada penggiling. Selain itu, terdapat biaya transport yang berkisar Rp100 per kilogram.
 
Dari proses penggilingan, Sutarto menjelaskan akan ada biaya tambahan untuk pengeringan.
 
Besaran yang ditanggung tergantung kondisi cuaca saat tahapan tersebut dilakukan. Pada musim hujan, biaya pengeringan berkisar antara Rp200 per kilogram sedangkan musim kemarau sebesar Rp100 per kilogram.
 
Tahapan yang membedakan antara beras medium dan premium menurutnya adalah dalam tahapan penggilingan. Jenis premium memerlukan proses penggilingan 2—3 kali lebih banyak. 
 
“Jadi sudah pasti harga beras premium di atas Rp10.000. Situasi di lapangan saat ini paling tidak Rp10.200 per kilogram,” imbuhnya.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1298 Kali
Berita Terkait

0 Comments