Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 24/07/2017 09:30 WIB

Madrasah Aliyah TechnoNatura Raih Penghargaan Robotik Internasional

Murid MA TechnoNatura
Murid MA TechnoNatura
DEPOK_DAKTACOM: Tim Madrasah Aliyah TechnoNatura, Depok, sukses meraih medali perak. Medali ini diraih dalam kompetisi robotik internasional, FIRST Global Challenge 2017. Madrasah Aliyah TechnoNatura meraih posisi kedua untuk kategori “Inovasi Teknik Terbaik”. Acara kompetisi ini sendiri diadakan di Washington, DC, Amerika Serikat.
 
Penghargaan ini diberikan untuk tim yang menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam membangun robot mereka dan melengkapi berbagai aspek perancangan. Tim ini berhasil unggul melawan tim robotik dari sekitar 160 negara lain. 
 
Robot tim Indonesia harus berkompetisi melawan robot-robot milik tim negara lain dalam enam ronde selama dua hari. Kompetisi ini berlangsung pada 17-18 Juli 2017. Tujuan diadakannya kompetisi robot ini adalah untuk memecahkan solusi terkait krisis air bersih. 
 
Kompetisi robotik ini menerapkan prinsip IoT. Sehingga, robot yang dibuat harus mampu mengirimkan data lewat internet ke perangkat komputer. Panitia menyediakan waktu 1,5 bulan untuk menyelesaikan robot ini.
 
Dalam proses pembuatan robot, tim mengaku harus beradaptasi. Sebab, mereka biasa menggunakan metode programming untuk Arduino. Sementara lomba ini mengharuskan koding menggunakan Android Studio.
 
TechnoNatura sendiri merupakan sekolah madrasah berbasis teknologi dan alam. TechnoNatura pernah menjuarai kompetisi Indonesia Information Communication and Technology Award (INAICTA). 
 
Pihak penyelenggara kompetisi FIRST Global Challenge berharap lewat kompetisi ini peserta bisa menciptakan jaringan global untuk bisa memecahkan masalah dunia dengan teknologi. Tahun depan, kompetisi ini akan berlangsung di kota Mexico City, Mexico.
Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 1675 Kali
Berita Terkait

0 Comments