Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 21/07/2017 13:45 WIB

Agustus, Skytrain Bandara Cengkareng Siap Beroperasi

skytrain
skytrain
JAKARTA_DAKTACOM:Skytrain atau automated people mover system (APMS) Bandara Internasional Soekarno-Hatta fase pertama direncanakan akan dioperasikan pada Agustus 2017 mendatang. Skytrain fase pertama akan beroperasi setelah rangkaian uji coba selama 2 minggu yang dimulai akhir Juli ini
 
"Kalau di bulan Agustus 2017 rencananya sudah dioperasikan. Tapi tanggalnya belum ada, menunggu hasil verifikasi hasil uji coba tadi," ungkap Yado, Jumat (21/7).
 
Yado menuturkan, saat ini pihaknya tengah menyelesaikan tahap akhir proyek sebelum pada akhir Juli nanti, skytrain akan memasuki tahap uji coba, seperti halnya penyelesaian lintasan dan persinyalan.
 
"Masih disiapkan untuk infrastruktur lintasan dan untuk kesisteman keretanya, termasuk persinyalan. Satu train sudah datang kemarin di bulan Mei (2017). Itu yang rencananya akan dioperasikan dengan 1 trek, terminal 2 ke terminal 3 dan sebaliknya," jelasnya.
 
Pada pengoperasian fase pertama nanti, skytrain masih akan dikendalikan masinis. Sementara, pengoperasian tanpa masinis (driverless) baru akan dilaksanakan saat skytrain beroperasi penuh. Fase pertama Skytrain akan melayani terminal 2 ke terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.
 
"Kalau (operasi skytrain) Agustus nanti masih pakai masinis. Karena masih semacem di tes buat kepastiannya. Masinis dilepaskan ketika mau full operation," ujarnya.
 
Seperti diketahui, pengoperasian skytrain Bandara Soetta fase pertama ini, akan menghubungkan terminal 2 dengan terminal 3 dengan panjang lintasan sekitar 1,8 km. Sementara itu pengoperasian skytrain secara penuh dari terminal 1 sampai terminal 3, masih akan menunggu infrastruktur dari terminal 1 ke terminal 2 rampung pada tahun ini. 
Editor :
Sumber : Detik.com
- Dilihat 1209 Kali
Berita Terkait

0 Comments