Nasional / Teknologi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 20/07/2017 07:45 WIB

Teknologi Open Source Diprediksi Jadi Tren

Pemanfaatan teknologi informasi
Pemanfaatan teknologi informasi
JAKARTA_DAKTACOM: PT Equnix Business Solutions memprediksi teknologi software open source akan menjadi tren masa depan yang paling banyak digunakan oleh seluruh industri karena dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan software close source.
 
Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions mengemukakan dewasa ini teknologi open source mulai dikenal dan banyak digunakan oleh perusahaan skala enterprise baik menengah maupun besar. Menurutnya, untuk mengimplementasikan teknologi open source tersebut, banyak industri yang mulai menggunakan PostgreSQL.
 
“Saat ini popularitas PostgreSQL mulai dikenal di seluruh dunia, bukan saja terbatas untuk kalangan bisnis startup berbasis internet (dotcom). Perusahaan-perusahaan skala enterprise (menegah dan besar) pun mulai merangkul penggunaan PostgreSQL untuk sistem database mereka,” tuturnya di Jakarta, Rabu (19/7).
 
Dia menjelaskan untuk pasar Indonesia, penggunaan PostgreSQL dinilai masih terkendala oleh cara pandang pelaku bisnis, yang beranggapan barang bagus harus mahal dan berasal dari luar negeri. Namun menurutnya, saat ini banyak pelaku bisnis menengah dan besar beralih ke PostgreSQL yang open source.
 
“Selama 10 tahun kami berkiprah, PT Equnix Business Solutions berhasil menggaet lebih dari 60 klien menengah besar untuk memakai sistem database PostgreSQL. Di antaranya, Bank BCA, Bank Mandiri, Transmart Carrefour, XL Axiata, Bank Danamon, Bank BJB, Bank Resona Perdania, serta Adira Finance,” katanya.
 
Menurutnya, solusi PostgreSQL saat ini bisa ditemukan di Cisco, NEC, NTT Data, Fujitsu, Yahoo, Amazon, Skype, Instagram, Last.fm, Dinas Kehutanan Amerika Serikat, bahkan di bank Caixa Economica Federal di Brazil. Dia mengatakan dari sejumlah klien tersebut, Equnix mengklaim berhasil menyelamatkan devisa lebih dari Rp 155 miliar karena mengalihkan 344 lisensi unit core software populer dari luar negeri untuk menggunakan PostgreSQL.
 
“Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta dan lebih dari 23.000 bisnis skala besar (Data BPS 2014), Equnix optimistis, semakin banyak perusahaan di Indonesia akan bermigrasi ke PostgreSQL,” ujarnya.
 
Seperti diketahui, Survei Black Duck Software dan North Bridge pada 2015 memperlihatkan, dari bisnis lintas industri yang disurvei, sekitar 78% bisnis menjalankan sebagian atau keseluruhan operasional software-nya dengan software open source.
 
Angka tersebut meningkat signifikan dari hanya 42% pada 2010. Tentang persepsi, survei tersebut juga menemukan, sebesar 55% bisnis percaya keamanan software open source lebih baik dibanding software berbayar, dan 58% percaya skalabilitas software open source lebih baik dibanding software berbayar.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 688 Kali
Berita Terkait

0 Comments