Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 19/07/2017 06:00 WIB

Cerdas Berdakwah di Era Konvergensi Media

Simposium media muslim saat multaqo ulama di padang
Simposium media muslim saat multaqo ulama di padang
DAKTACOM_PADANG: Para jurnalis muslim dituntut lebih kreatif untuk menyajikan konten agar menarik perhatian masyarakat di era konvergensi media.
 
Hal ini disampaikan oleh Jurnalis senior, Nurjaman Mochtar saat menjadi pembicara dalam simposium media islam yang digelar oleh Al Manarah Islamiyah di Padang, Sumatera Barat, Selasa (18/7)
 
Pria yang akrab disapa Kang Nur ini mengatakan bahwa era konvergensi media ditandai dengan mudahnya akses internet, digitalisasi media penyiaran dan maraknya media sosial.
 
"Nah kunci sukses agar media massa islam bisa bersaing maka para jurnalisnya harus bisa memanfaatkan berbagai platform yang ada dengan konten yang berbeda dan menarik perhatian publik," jelasnya.
 
Kang Nur yang pernah menjadi Pimpinan Redaksi sejumlah tv swasta ini mencontohkan sejumlah dai yang sekarang aktif menggunakan sosial media sebagai sarana berdakwah seperti Aa Gym, Yusuf Mansur dan Arifin Ilham.
 
"Masyarakat sekarang punya banyak pilihan untuk mendapatkan informasi tanpa harus bergantung pada media konvensional, " imbuhnya.
 
Karena itu, media massa islam yang mengemban misi dakwah harus lebih masif menyajikan konten positif untuk mengcounter pengaruh buruk dari sosial media.
 
Selain Nurdjaman Muchtar, sejumlah jurnalis senior yang menjadi narasumber diantaranya Mahladi (Hidayatullah), Mauluddin Anwar (SCTV) dan pakar komunikasi UI Prof Dr Ibnu Hamad.*
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1041 Kali
Berita Terkait

0 Comments