Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 17/07/2017 08:30 WIB

Garuda Layani Umroh Rute Padang-Jeddah

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia
PADANG_DAKTACOM: PT Garuda Indonesia Tbk. memastikan akan mengoperasikan penerbangan langsung rute Padang—Jeddah untuk melayani umrah mulai November mendatang.
 
General Manager Garuda Indonesia cabang Padang Sonny Syahlan menyebutkan bahwa potensi penumpang umrah di daerah itu sangat besar sehingga perlu dilayani dengan penerbangan langsung ke tanah suci.
 
“Minat masyarakat Sumbar untuk umrah sangat besar sekali, potensinya bagus. Termasuk dari provinsi tetangga Riau dan Jambi,” kata Sonny, Ahad (16/7).
 
Dia menyebutkan, selama ini masyarakat Sumbar harus berangkat umrah melalui Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Kualanamu Medan, maupun dari Kuala Lumpur Malaysia.
 
Dengan penerbangan langsung tersebut, Sonny meyakini, selain bisa memberi pelayanan kepada jemaah umrah asal daerah itu dan sekitarnya, penerbangan ke Jedah juga berkontribusi meningkatkan pendapatan perusahaan.
 
Sonny mengatakan, penerbangan Padang—Jedah merupakan kerja sama dengan PT AET Penjuru Wisata Negeri yang akan melakukan penjualan tiket umrah kepada masyarakat.
 
Sesuai dengan rencana, penerbangan dari Bandara Internasional Minangkabau Padang menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jedah dilakukan setiap pekan, yakni pada Minggu pukul 14.00 dengan armada Airbus A 330-300.
 
Sebelumnya, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pihaknya tengah menjajaki kemungkinan maskapai asal Timur Tengah untuk transit di Padang.
 
“Kami coba jajaki kemungkinan Emirates yang terbang ke Australia transit di Padang karena mereka lewat di atas udara kita,” katanya.
 
Mahyeldi menilai, daerahnya memiliki potensi jemaah umrah mencapai 3.000 orang per bulan yang bisa menjadi modal bagi maskapai untuk membuka rute langsung dari Padang ke Timur Tengah.
 
Dia meyakini, jika penerbangan langsung ke Timur Tengah sudah ada, hal itu akan memudahkan promosi dan pengembangan pariwisata Sumbar yang memprioritaskan wisata halal.
 
Sebelumnya, pada akhir Januari lalu, Garuda menghentikan penerbangan langsung umrah Palembang—Jedah yang diluncurkan pada Desember 2016 karena tingkat isian yang rendah.
 
General Manager Garuda Indonesia Cabang Palembang Asa Perkasa mengatakan, penerbangan umrah tersebut merupakan penerbangan carter dengan frekuensi satu kali per minggu.
 
“Pada perjalanannya hanya bulan Desember yang bagus sementara untuk Januari 2017 isian sangat minim. Dengan dihentikannya carter ini untuk sementara berhenti dulu penerbangan langsungnya,” katanya di Palembang, Senin (30/1).
 
Asa mengemukakan minimnya jumlah penumpang pada periode bulan ini membuat penyewa merugi dan akhirnya tidak meneruskan penerbangan sewa tersebut.
 
Dia menambahkan penerbangan langsung Palembang—Jedah merupakan penerbangan carter dari PT Bina Cipta qq Anta Umroh yang telah menjalin komitmen dari konsorsium umrah Sumsel yang terdiri atas 23 penyelenggara umrah di provinsi itu untuk mengisi penerbangan tersebut.
 
“Penyewa tetap memberi layanan kepada anggota konsorsium dengan penerbangan carter rute Jakarta—Jedah,” katanya.
 
Meski penerbangan langsung untuk perjalanan umrah Palembang—Jeddah dihentikan, maskapai pelat merah itu masih berencana menjadikan rute tersebut sebagai penerbangan regular langsung. 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 165 Kali
Berita Terkait

0 Comments