Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 17/07/2017 08:45 WIB

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ganti MOS Dengan Fortasi

Ilustrasi murid sekolah
Ilustrasi murid sekolah
JAKARTA_DAKTACOM: Untuk mencegah aksi perpeloncoan yang kerap terjadi di sekolah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) mengganti sistem Masa Orientasi Siswa (MOS) dengan pengenalan lingkungan sekolah yang lebih humanis.
 
"Pada awal tahun ajaran ini seluruh sekolah milik Muhammadiyah mengganti sistem Masa Orientasi Siswa dengan Forum Taaruf dan Orientasi (Fortasi). Fortasi ini lebih mengedepankan rasa persaudaraan dan solidaritas antar sesama kawan sehingga dipastikan dapat mencegah aksi perpeloncoan yg kerap terjadi selama masa orientasi" ungkap salah satu pengurus IPM wilayah Yogyakarta, Nurcholis Maulana di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, pada Ahad (16/07) petang.
 
Seperti diketahui pada hari ini di beberapa wilayah menjadi hari pertama tahun ajaran baru 2017/2018, seperti biasa para peserta didik baru akan menjalani Masa Orientasi Siswa dalam rangka mengenal lingkungan dan budaya sekolah.
 
Namun tak jarang, selama Masa Orientasi Siswa (MOS) menjadi ajang perpeloncoan yang dilakukan oleh para pelajar senior dengan alasan melatih mental terhadap siswa baru.
 
Pemerintah juga telah membuat rambu-rambu melalui Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yakni mengenai pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru seperti pengenalan program, sarana dan prasana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 138 Kali
Berita Terkait

0 Comments