Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 16/07/2017 12:05 WIB

Pilgub Jabar, Deddy Mizwar Unggul Dalam Survey IDM

Wagub Jabar Deddy Mizwar saat bertolak dari Radio Dakta
Wagub Jabar Deddy Mizwar saat bertolak dari Radio Dakta
JAKARTA_DAKTACOM : Berdasarkan hasil survey Indonesian Development Monitoring (IDM) melakukan jajak pendapat masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat, dengan survei dilaksanakan periode 28 Juni hingga 9 Juli 2017 yang lalu mencakup 18 Kabupaten dan 9 Kota di Jawa Barat, menjelaskan hasil kesimpulannya Deddy Mizwar merupakan tokoh yang paling populer untuk Calon Gubernur Jawa Barat, bahkan hampir semua warga masyarakat Jawa Barat sudah mengenalnya.
 
"Sosok Deddy Mizwar mengantongi sebanyak 36,3% suara masyarakat Jawa Barat secara spontan, elektabilitasnya tertinggi menempati posisi teratas. Deddy Mizwar juga memiliki tingkat akseptabilitas oleh masyarakat Jawa Barat sebesar 89,2%, lalu 78,3% masyarakat Jawa Barat menilai Deddy Mizwar memiliki kapabilitas untuk memimpin Jawa Barat" ungkap Fahmi Hafel .Sip, selaku Direktur Eksekutive IDM seraya memaparkan survei dengan jumlah sampel yang  berhasil diwawancarai sebanyak 1421 orang.
 
Sedangkan, Ridwan Kamil (Walikota Bandung) cenderung stagnan, dengan akseptabilitas sebanyak 59,3% dan 37,8% masyarakat Jawa Barat menilai Ridwan Kamil kapabilitas sebagai Gubenur Jawa Barat, demikian hasil survey IDM periode Juni hingga Juli 2017.
 
Fahmi mengemukakan sosok Deddy Mizwar memiliki elektabilitas dan kapabilitas lebih tinggi dibandingkan beberapa tokoh lainnya, yang termasuk dalam kategori hasil survei terhadap tingkat pengenalan warga Jawa Barat terhadap para tokoh-tokoh berpotensi bakalan maju sebagai Calon Gubenur. 
 
Dari penjabaran hasil temuan survei terhadap kemampuan para tokoh untuk memimpin Provinsi Jawa Barat yang telah dilakukan Indonesian Development Monitoring (IDM) terhadap para tokoh-tokoh yang berpotensi Maju sebagai Calon Gubenur adalah sebagai berikut :
 
1. Deddy Mizwar (Wakil Gubernur Jabar) : 78,3%
2. Dede Yusuf (Ketua Komisi IX DPR RI) : 61,2 %
3. Dedi Mulyadi (Bupati Purawakarta) : 57,3%
4. Rieke Diah Pitaloka (Anggota F-PDIP DPR RI) : 47,3%,
5. Ahmad Syaikhu (Wakil Walikota Bekasi) : 43,2% 
6. Ridwan Kamil (Walikota Bandung) : 37,8%
7. Netty Prasetiyani (istri Gubernur Ahmad Heryawan) : 34,5%.
8. Desy Ratnasari (Anggota F-PAN DPR RI) : 31,2% 
 
Secara kualitas, menurut Fahmi, tingkat disukainya Deddy Mizwar sangat tinggi dibanding calon lainnya untuk menjadi suksesor Ahmad Heryawan, sementara Rieke Diah Pitaloka dan Ridwan Kamil tingkat keterpilihannya rendah, diperkirakan akibat kendaraan politik yang akan mengusung Ridwan Kamil dan partai dimana Rieke Diah Pitaloka berkarir sama dengan yang mengusung Ahok-Djarot saat Pilkada DKI Jakarta lalu.
 
"Maka itulah, citra personal  Deddy Mizwar  secara  umum  cenderung positif terutama kemampuan memimpin mendampingi Ahmad Heryawan, jujur dan bersih dari korupsi" paparnya.
 
"Hal ini sangat penting, karena kedua kriteria itu adalah dua syarat penting sebagai calon gubernur Jawa Barat. Selain itu warga Jawa Barat juga menilai Rieke Diah Pitaloka, meski memiliki citra jujur dan bersih dari korupsi cenderung menguat, namun citra mampu memimpin tampak melemah," pungkasnya.
 
Perlu diketahui, pengetahuan masyarakat Jawa Barat akan digelarnya Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat sejauh ini hanya 60,3% saja yang mengetahui, sementara sisanya belum mengetahui, maka itulah hasil survei IDM berupaya mengeksplorasi mendalam pilihan masyarakat dalam pememilihan Gubenur Jawa Barat, yang antara lain berdasarkan kesamaan agama, suku dan ras, maupun juga kesamaan tempat tinggal.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 64 Kali
Berita Terkait

0 Comments