Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/07/2017 09:40 WIB

Warga Minta Gelar Festival Tugu Asem Jilid 2

Fastival Tugu Asem
Fastival Tugu Asem

BEKASI_DAKTACOM: Setelah diselenggarakan dengan sukses Festival Tugu Asem yang pertama di tahun 2016, atas dasar permintaan dan antusias masyarakat di sekitar tugu asem, Kampung Ciketing Mustikajaya, masyarakat kini sadar acara tersebut sebagai barometer jati diri wilayahnya. Berangkat dari sejarah, cerita, masyarakat yang menceritakan bahwa tugu asem sendiri menjadi bagian dari keseharian kegiatan bermasyarakat dari era peperangan hingga saat ini, tugu asem yang akrab dipanggil prapatan ciketing asem, yang dahulunya berdiri dilahan kebun pribadi milik almarhum Kong Timur yang akhirnya di wakafkan untuk kepentingan rakyat sebagai persimpangan ilir mudik masyarakat di sekitar Mustikajaya.
Ketua penyelenggara Festival Tugu Asem, Pitoy mengatakan, Festival Tugu Asem diselenggarakan untuk selalu mengenalkan pentingnya kearifan lokal sebagai jati diri masyarakat yang berbudaya. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2017.


"Tema yang kami angkat adalah menjaga budaya dan tradisi," ujar Pitoy, Jum'at (14/7).

Adapun jenis kegiatan dalam Festival Tugu Asem, lanjut Pitoy, ngeliwet bareng, lomba membuat miniatur tugu asem, lomba membuat bacetrok, pertunjukan silat padepokan se-Bekasi Raya, permainan anak masa lalu, bodoran sawah dan bazar.

"Semoga kegiatan ini menjadikan budaya sebagai identitas masyarakat yang beradab dan menjadikan masyarakat Bekasi umumnya, masyarakat Mustikajaya khususnya lebih mengenal kearifan masyarakat lokal wilayah dengan mewujudkan berdirinya atau dibangunnya suatu tempat untuk wadah apresiasi masyarakat khususnya Mustikajaya dalam melestarikan kebudayaan," pungkasnya.

Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1574 Kali
Berita Terkait

0 Comments