Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/07/2017 11:45 WIB

Merajut Asa dalam Benang di LKP Tuti

Sri Hartuti kiri bersama Kadindos Kota Bekasi Junaedi
Sri Hartuti kiri bersama Kadindos Kota Bekasi Junaedi
BEKASI_DAKTACOM: Berdiri sejak tahun 1990 Lembaga Keterampilan Pelatihan (LKP) milik Sri Hartuti (58) ingin membutikan kalau seseorang mampu bersaing dengan yang lain. Niat tulusnya itu, memang tidak mudah seperti membalikan telapak tangan.
 
Namun usahanya kini, perlahan membuktikan kalau dirinya mampu menghasilkan tenaga - tenaga kerja yang handal dan siap disalurkan perusahaan ternama di Bekasi.
 
"Jumlah pastinya saya udah gak hafal mas. Sudah ribuan peserta kursus, kita didik disini," kata Hartuti saat berbincang dengan Dakta dirumahnya, Selasa (11/7).
 
Berkesempatan mendatangi balai LKP milik Hartuti, kita tidak menemukan aula besar untuk menampung para siswanya. Rumah dengan ukuran 120 meter persegi itu, disulap khususnya dibagian pelataran untuk kegiatan siswa menerima pelatihan kursus.
 
Padahal balai LKP milik Hartuti, juga sebagai tempat ujian sertifikasi setelah para peserta mengikuti pendidikan selama 3 bulan. 
 
"Kita sudah bekerja sama dengan badan akreditasi di Jakarta. Tapi karena jumlah peserta kita lebih dari 20 orang jadi diperbolehkan mengadakan ujian disini," paparnya.
 
Berbicara fokus pendidikan dan pelatihan yakni terdapat keterampilan seperti menjahit, bordir, sulam pita, obras dan payet. Dengan sasaran penyaluran kerja yakni di perusahaan garmen dan konveksi.
 
"Kita ada biaya pendidikan berkisar Rp. 2.500.000 untuk paket pendidikan selama 3 bulan itu. Setiap siswa dapat memilih jam kursus seperti jadwal reguler Senin dan Rabu. Atau full yakni Senin - Sabtu dengan jam kursus masing - masing 3 jam," jelas Hartuti yang juga Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bekasi Timur 2.
 
Untuk kebutuhan pendidikan kursus sehari - hari, Hartuti dibantu empat orang anaknya yang bertugas sebagai instruktur. Istri (alm) Suwarno itu, berharap dirinya dapat bermanfaat untuk sesama dalam memberikan peluang kesempatan masyarakat untuk mengenyam dunia kerja.
 
Anda pun dapat mengetahui LKP milik Hartati atau ingin mengembangkan keterampilan diri, silakan kunjungi balai kursusnya beralamat Jl. Angsana 1 No. 104 rt 05 /015 Kel. Margahayu Kec. Bekasi Timur
 
Balai LKP milik Tuti rumah yang disulap untuk tempat kursus
 
 
Pendidikan Keterampilan Gratis
 
Dinas Sosial Kota Bekasi sejauh ini telah membantu warga kurang mampu dalam menggelar kegiatan keterampilan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Hal itu ditegaskan oleh Kadinsos Junaedi saat berbincang dengan Dakta.
 
Ia mengatakan, warga penerima program pendidikan kursus tersebut ke depan memiliki sertifikat yang dapat digunakan untuk melanjutkan ke perusahaan.
 
"Intinya keterampilan mereka tidak putus. Apalagi kalau mereka memiliki kelompok usaha," jelas Junaedi.
 
Junaedi berharap kegiatan pendidikan keterampilan itu dapat ditularkan diwilayah mereka masing - masing. Sehingga manfaatnya secara luas dirasakan oleh masyarakat.
 
"Kalau masing - masing per kecamatan saat ini baru 5 orang. Tapi kalau anggarannya lebih banyak, kita akan perluas lagi dari segi penerima manfaat itu," tutur Junaedi
Reporter :
Editor :
- Dilihat 3601 Kali
Berita Terkait

0 Comments