Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 15/06/2017 19:00 WIB

Pemkab Bekasi akan Bantu Warga Miskin Jadi Anggota BPJS Kesehatan

Ilustrasi kartu BPJS
Ilustrasi kartu BPJS
CIKARANG_DAKTACOM:Sebanyak 5 kecamatan di wilayah kabupaten Bekasi dikategorikan sebagai kecamatan berpenduduk miskin sehingga warganya paling banyak didaftarkan menjadi peserta bantuan iuran BPJS kesehatan oleh pemerintah daerah.
 
Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, dalam mewujudkan universal coverage di bidang kesehatan, pemerintah daerah telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan dimana ada sebanyak 468.000 warga didaftarkan dan iurannya ditanggung oleh pemerintah daerah.
 
"Untuk saat ini, hingga bulan juni, 289. 433 warga miskin sudah terintegrasi kedalam penerima bantuan iuran (pbi) BPJS kesehatan.
 
Kepesertaan itu nantinya akan bertambah, karena saat ini tengah dilakukan proses verifikasi.
 
Dari 23 kecamatan, 5 kecamatan paling banyak warganya yang berpenduduk miskin dan diikutsertakan menjadi peserta BPJS, kecamatan itu diantaranya Cabangbungin, Babelan Tambun Utara, dan Muaragembong.
 
Alamsyah menambahkan, ditargetkan pada 2019 mendatang, seluruh masyarakat miskin dibayarkan preminya oleh pemerintah daerah, untuk itu pihaknya tengah melakukan pendataan karena dalam kepesertaan BPJS bagi warga miskin proses pendaftarannya melalui nomer induk kependudukan.
 
Lambannya pendaftaran integrasi warga miskin melalui Nomer Induk Kependudukan juga menjadi kendala sehingga dinas kependudukan terus melakukan perekaman e-KTP agar warga miskin itu menjadi peserta BPJS.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1429 Kali
Berita Terkait

0 Comments