Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 11/06/2017 12:00 WIB

Jamaah Masjid Baiturrahim Galaxy Gelar Bakti Sosial

Jamaah Masjid Baiturrahim Galaxy Gelar Bakti Sosial
Jamaah Masjid Baiturrahim Galaxy Gelar Bakti Sosial
BEKASI_DAKTACOM: Indahnya kebersamaan yang diperlihatkan oleh jamaah Masjid Jami Baiturrahim Galaxy Jakasetia Bekasi Selatan di bulan Ramadhan 1438 H ini, patut ditiru oleh masyarakat pada umumnya. 
 
Betapa tidak, satu sama lainnya berjibaku dalam kegiatan sosial dan keagamaan, meskipun dalam bilangan usia rata-rata mereka telah sepuh.
 
Selama bulan Ramadhan ini, ratusan jamaah dengan penuh semangat menggelar aneka kegiatan baik yang bersifat keagamaan maupun sosial.
 
Ratusan ribu hingga jutaan rupiah juga dikeluarkan dari kantong masing-masing jamaah guna diperlukan untuk kebutuhan kegiatan yang meliputi buka puasa bersama, Shalat Taraweh, pembagian sembako murah, santunan anak yatim, Taddarus Quran secara berjamaah, hingga kegiatan sahur bersama di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan (Qiyyamul Lail).
 
Ketua Panitia kegiatan, Sonny Sumiarso menjelaskan seluruh kegiatan dilakukan dengan sukarela para jamaah. Menurutnya, kegiatan selama Ramadhan rutin dilakukan secara berjamaah untuk meramaikan masjid di bulan yang penuh barokah ini. 
 
Diantaranya ialah Taddarus Qur’an berjamaah setelah Shalat Subuh selama 1 jam sebanyak 1 Juz setiap harinya. Sementara untuk kaum ibu-ibu, Taddarus Quran dilakukan mulai pukul delapan pagi hingga waktu Zuhur.
 
Semua jamaah dengan sukarela melakukan kegiatan ini, karena semata berharap mendapat keberkahan bulan Ramadhan, ujar Sonny Sumiarso sebelum melangsungkan kegiatan pembagian sembako murah yang berlangsung di halaman Masjid Baiturrahim.
 
"Pagi ini kita menjual sembako murah yang harga aslinya Rp 100 ribu, namun kita jual kepada masyarakat yang kurang mampu sebesar Rp 20 ribu," ungkapnya, Ahad (11/6) pagi.
 
Yang unik dalam pembagian sembako tersebut ialah kupon yang diberikan oleh panitia kepada warga dibedakan dengan warna dan waktu pengambilan sembako. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi antrian panjang sekaligus memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk taat terhadap aturan dan disiplin.
 
"Jika 500 sembako yang disediakan tidak diatur pengambilannya, maka khawatir terjadi selisih. Karena itu setiap penerima sudah diatur waktu pengambilannya," kata Sonny.
 
Dilokasi yang sama, Ketua Dewan Pembina Yayasan Baiturrahim, H Abdul Manan mengapresiasi kekompakan jamaah yang telah memberikan waktu, tenaga, pikiran hingga materi tanpa pamrih.
 
Kegiatan sosial yang dilakukan oleh jamaah, kata Abdul Manan, guna menanamkan kepercayaan kepada masyarakat agar tidak khawatir terhadap sedekah dan zakat yang diberikan kepada pengurus untuk dikelola sebagaimana mestinya dan tersalurkan dengan baik.
 
Abdul Manan membeberkan bahwa selama kegiatan berlangsung hingga pekan ketiga Ramadhan, pihaknya telah mengantongi sedekah dan zakat hingga mencapai Rp 380 juta rupiah dari target pendapatan sebesar Rp 500 juta.
 
“Dana zakat mal yang terkumpul, sebanyak Rp 230 juta akan diberikan kepada BAZNAS dan sisanya digunakan untuk kegiatan sosial Yayasan.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1841 Kali
Berita Terkait

0 Comments