Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 12/06/2017 07:30 WIB

Komisi IV: Banyak Siswa Tak Tertampung PPDB, Beasiswa Jadi Solusi

Fatma Hanum Anggota DPRD Kabupaten Bekasi komisi IV
Fatma Hanum Anggota DPRD Kabupaten Bekasi komisi IV
CIKARANG_DAKTACOM: Komisi 4 DPRD Kabupaten Bekasi meminta pemerintah daerah memberikan beasiswa bagi calon siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri karena adanya aturan kuota rombongan belajar dari menteri pendidikan.
 
Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk masuk ke SMP Negri di Kabupaten Bekasi bakal berkurang setelah terbitnya Permendikbud No. 17 Tahun 2017 tentang Perpindahan Siswa, Rombongan Belajar, Larangan, dan Sanksi PPDB 2017.
 
Diprediksi ada 13 ribu lebih kuota siswa untuk masuk SMP Negri akan berkurang  karena Permendikbud No. 17 Tahun 2017 mengatur jumlah peserta didik dalam satu Rombongan Belajar SMP dalam satu kelas berjumlah paling banyak 32 orang sedangkan Peraturan Bupati melonggarkan minimal dalam satu kelas 40 orang.
 
Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Fatma Hanum banyak hal yang perlu disiapkan oleh pemerintah daerah dalam persiapan PPDB Tahun 2017 salah satunya untuk masuk ke SMP karena bila peraturan mentri maksimal 32 orang artinya ada 8 orang yang tidak bisa tertampung.
 
"Oleh karena itu harus ada jalan keluarnya, salah satunya diarahkan ke sekolah swasta meski saat ini jumlah daya tampung sekolah swasta," ujarnya pada Senin (12/6).
 
Dikatakan Fatma, ada solusi lainnya untuk siswa yang tidak tertampung dengan memberikan bantuan beasiswa karena tidak semua masyarakat mampu menyekolahkan anaknya diswasta.
 
Fatma menambahkan, angka partisipasi masyarakat untuk melanjutkan kesekolah kejenjeng Menengah Pertama hingga ke perguruan tinggi di Kabupaten Bekasi memang masih belum tinggi begitu lama rata-rata sekolah juga tidak tinggi.
 
Selain itu sarana dan prasana penunjang Pendidikan di Kabupaten Bekasi juga harus tersedia suapaya dan tidak menjadi penghambat untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Bekasi.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1113 Kali
Berita Terkait

0 Comments