Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 12/06/2017 06:00 WIB

Jelang Lebaran, Karantina Pertanian Optimalkan Layanan 24 Jam

Komoditas pertanian
Komoditas pertanian
JAKARTA_DAKTACOM: Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini, menyampaikan peningkatan pelayanan karantina pertanian dilakukan di pintu pemasukan dan pengeluaran seluruh Indonesia melalui layanan 24 jam selama 7 hari.
 
Banun menyampaikan layanan terus dioptimalkan dan dipantau untuk memastikan arus komoditas dan kebutuhan masyarakat yang meningkat selama bulan ramadan dan jelang lebaran berjalan aman dan lancar.
 
Selain mengoptimalkan layanan 24 jam selama 7 hari, sejumlah upaya dipersiapkan sebagai kesiapsiagaan selama ramadan dan lebaran. Diantaranya, pengaduan terhadap layanan dapat disampaikan pada semua akun medsos Badan Karantina Pertanian sebagai upaya merespon cepat kebutuhan informasi dan keluhan pelayanan.
 
Operasi bersama kepolisian dan instansi terkait juga dilakukan pada titik-titik rawan penyelundupan pangan.
 
"Sebanyak 47 Kode HS (Harmonize System) Karantina Pertanian telah dihapus dari Daftar Barang Larangan dan/Pembatasan pada Portal INSW," tuturnya dalam keterangan resmi.
 
Upaya ini dilakukan Barantan untuk meningkatkan kelancaran arus barang dan akselerasi ekspor produk pertanian Indonesia."Contohnya, julit jadi dan Furniture.
 
Terhadap barang tersebut tidak dilakukan tindakan karantina," imbuhnya.
 
Dia menyampaikan setiap komoditas pertanian, hewan dan tumbuhan beserta produknya yang dikirim atau dilalulintaskan antar negara maupun antar area di Indonesia melalui pengawasan karantina pertanian. Ini dilakukan untuk memastikan komoditas tersebut sehat, aman dan layak untuk kesehatan hewan dan tumbuhan serta manusia.
Editor :
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 1303 Kali
Berita Terkait

0 Comments