Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 08/06/2017 13:30 WIB

Harga Bawang Putih di Kota Bekasi Melambung Tinggi

bawang putih di pasar
bawang putih di pasar
BEKASI_DAKTACOM: Harga Bawang putih di pertengahan Bulan Ramadhan sangat tinggi hampir menyamai harga Daging Kambing. 
 
"Harga yang paling naik itu hanya bawang putih. Saat ini stoknya sangat kurang, padahal ini bawang putih kan di Indonesia diimpor juga. Pasar kranji sendiri harga bawang putih masih kisaran 60 ribu per kilo dari biasanya paling mahal 35 ribu per kilo," ungkap Amas pada Dakta, Kamis (8/6).
 
Menurutnya setiap hari pasar Kranji Baru Bekasi Barat Kota Bekasi buka 24 jam, dan hampir semua komoditas tersedia dari mulai peralatan rumah tangga sembako hingga perhiasan dan barang elektronik. Pasar kranji Baru berdiri sejak 20 tahun lalu di atas 3 ha lahan di tempati sekitar 800 pedagang atau lapak. 
 
"Kita memang punya target PAD, tapi saya nggak hafal jumlahnya setiap tahun. Namun begitu penataan dan pengembangan serta perbaikan juga dibiayai pemerintah Kota Bekasi," ujarnya lagi. 
 
Di Kota Bekasi berdiri sekitar 15 pasar tradisional namun hanya lima pasar yang di kelola Pemkot Bekasi termasuk pasar Baru Kranji. Pada saat Ramadhan tahun ini jumlah pengunjung pasar dapat naik lebih dari 25 persen dari biasanya sekitar 800 orang per hari. Untuk komoditas barang yang saat ini masih tinggi diataranya bawang merah, sayur dan Daging. 
 
"Bawang putih sekitar 60 ribu/kg, cabai merah juga mengalami peningkatan di atas 10 persen dari harga biasa 20 ribu/kg, untuk Daging terdapat tiga kategori yaitu daging super 120 ribu per kg, untuk daging biasa 110 ribu, Daging Kambing 100 ribu per kilo telur juga mengalami kenaikan dari 18 ribu per kilo menjadi 20/kg," ungkap Amas. 
 
Selain itu harga ayam per ekor di Pasar Kranji Baru juga mengalami peningkatan dari sebelumnya 25-30 ribu per ekor  saat ini naik sekitar 35 ribu per ekor. Sementara untuk komunitas buah dan sayuran di Pasar Kranji Baru juga terpatau masih cukup normal. 
 
" Ya pasti ada kenaikan, tapi yang paling parang untuk bawang putih saja, bisa sampai 60 ribu sekilo," pungkasnya.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1845 Kali
Berita Terkait

0 Comments