Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 01/05/2015 09:01 WIB

150 Ribu Buruh akan memperingati Hari Buruh Internasional di Bundaran HI

Peringatan May Day
Peringatan May Day

JAKARTA_DAKTACOM: Pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day kali ini pihak Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta akan menutup jalur Sudirman-Thamrin-Medan Merdeka Barat yg akan menjadi titik pusat perkumpulan para buruh. Penutupan jalan akan mulai dilakukan sejak pukul 06.00 - 13.00.

Sebanyak 18.000 personil kepolisian telah dikerahkan utk mengamankan jalannya peringatan May Day yg akan terpusat di sekitar Bundaran HI, Simpang Monas, dan Istana Merdeka.
Di wilayah Jakarta setidaknya ada tiga kawasan industri yg akan menjadi titik pusat awal pertemuan para buruh sebelum mereka bertolak menuju Bundaran HI yakni di Kawasan Industri Pulogadung, Kawasan Berikat Nusantara Cilincing, dan Kawasan Industri Sunter.

Agenda kegiatan yg akan dilakukan oleh sejumlah aliansi buruh se Jabodetabek pada hari ini adalah menggelar orasi di tiga titik pusat utama yakni Bundaran HI, Simpang Monas, dan Istana Merdeka.

Ada 10 tuntutan buruh yg akan disuarakan pada peringatan May Day kali ini, diantaranya adalah Kenaikan UMP/K sebesar 32% tiap tahun; penghapusan outsourcing khususnya pada perusahaan BUMN; menolak kenaikan harga BBM, Elpiji, dan TDL sesuai harga pasar; Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi PNS; serta merevisi UU TKI dan UU Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industri/PPHI.

Dikarenakan May Day kali ini bertepatan dgn Hari Jumat, pihak Pemprov DKI Jakarta menyediakan lapangan simpang Monas sbg tempat bagi para buruh utk melaksanakan ibadah sholat Jumat berjamaah.

Usai sholat Jumat, para buruh akan mengikuti acara May Day Fiesta di Gelora Bung Karno dan Pantai Carnaval Ancol

Reporter :
Editor : Syifa Faradila
- Dilihat 1679 Kali
Berita Terkait

0 Comments