Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 22/05/2017 06:30 WIB

Perbankan Plat Merah Didorong Salurkan Kredit Bidang Produksi

Burung puyuh
Burung puyuh
SUKABUMI_DAKTACOM: Perbankan pelat merah didorong untuk turut meningkatkan pembiayaan sektor produksi terutama bidang produksi pertanian dan peternakan, salah satunya usaha peternakan burung puyuh. 
 
Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lainnya Kementerian BUMN Gatot Gatot Trihargo menyampaikan hal tersebut saat menghadiri acara penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) dan penyerahan CSR bagi peternak puyuh di Kabupaten Sukabumi,  Ahad (21/5).
 
Dia menyatakan, pasokan produksi burung dan telur burung puyuh masih kurang untuk memenuhi pasar domestik dan juga dari luar negeri, terutama ke Timur Tengah.
 
"Kita masih kekurangan untuk ekspor puyuh ke Qatar, kalau bisa para peternak puyuh kami harapkan semuanya menjadi nasabah BRI, BNI dan Mandiri. Jadi kalau mau ekspor bisa didukung," katanya.
 
Secara khusus kepada BRI yang memang memiliki fokus pembiayaan UMKM dan berkomitmen mendukung peternakan puyuh, Gatot mendorong agar lebih agresif melakukan ekspansi.
 
"Untuk BRI jangan hanya 100 orang yang dilatih untuk peternakan puyuh ini. Harus lebih agresif lagi, sekitar 1.000 orang yang dilatih. Bisa disisir mulai dari Sukabumi sampai ke daerah Tanjung Lesung Banten di sana banyak daerah yang miskin," tuturnya.
 
Direktur Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Mohammad Irfan menyebutkan, pihaknya telah berkomitmen mendukung pembiayaan peternak puyuh dalam dua tahun terakhir. Bersama Pusat Wirausaha Puyuh Slamet Quail Farm (SQF), pihaknya telah melakukan pelatihan kepada 100 peternak puyuh.
 
"Dari jumlah itu 50% sudah sudah memiliki usaha yang terus berkembang bagus dan 40% telah menjadi nasabah pembiayaan kami. Sekarang kami sedang mendorong kembali pembiayaan KUR bagi para peternak puyuh ini," ujarnya.
Editor :
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 1471 Kali
Berita Terkait

0 Comments