Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 20/05/2017 14:00 WIB

Warga Ramaikan Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan

Ilustrasi nyekar
Ilustrasi nyekar
CIKARANG_DAKTACOM: Bulan suci ramadhan tinggal menghitung hari, permintaan maaf kepada saudara, handai taulan dan kenalan menjadi viral di medsos maupun lewat telephone maupun silahturahmi.
 
Tak ketinggalan tradisi mengunjungi makan dari orang tua yang telah meninggal dunia selalu di lakukan.
 
Hendro salah satu warga Setu Kab Bekasi terlihat sedang mengunjungi makan Ibunya, dengan kyusuk dan memanjatkan doa, Hendro menabur bunga dan air putih.
 
”Saya selalu lakukan ini menjelang bulan Ramadhan,” ujar Hendro pada Sabtu (20/5).
 
Segala kesibukan duniawi seakan berhenti sejenak saat menjelang bulan puasa bagi umat muslim, berusaha untuk membersihakan diri dan hati agar pada saat melakukan ibadah puasa bisa lebih bermakna.
 
“Menjelang bulan suci ramadhan sudah selayaknya kita untuk saling memaafkan untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi,” katanya.
 
Bukan hanya Hendro masih banyak warga lainnya yang melakukan nyekar, biasanya nyekar dilakukan kepada orang tua dahulu yang telah tiada barulah ke makam para tokoh agama.
 
“Yang utama adalah nyekar ke orang tua dahulu ,” Ujar warga yang sedang nyekar di pekuburan masyarakat umum.
 
Perlu diketahui bahwa selain mendoakan keluarga mereka yang telah tiada, tradisi nyekar juga dimanfaatkan untuk merawat dan membersihkan makam.
 
Dan tradisi nyekar ini juga sangat disambut baik oleh para pedagang bunga, kondisi ini dimanfaatkan oleh warga sekitar tempat pemakaman untuk meraih keuntungan selama musim nyekar ini dengan berjualan bunga di sekitar tempat pemakaman. 
 
Bunga yang biasa digunakan untuk ditaburkan di atas makam tersebut dijual dengan harga bervariasi. Dari hasil berjualan bunga tabur musiman tersebut, seorang pedagang bahkan bisa meraup keuntungan hingga ratusan ribu rupiah perhari.
 
“Lumayan selama masa nyekar ini julan bungaku lumayan laku,” ungkap pedagang bunga. 
Editor :
Sumber : Bekasikab.go.id
- Dilihat 1396 Kali
Berita Terkait

0 Comments