Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/05/2017 16:30 WIB

Istiqlal Ramadhan Fair akan Diisi Aneka Kegiatan Menarik

Peresmian Istiqlal Ramadhan Fair
Peresmian Istiqlal Ramadhan Fair
JAKARTA_DAKTACOM: Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mewakili Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Istiqlal Ramadhan Fair 1438H/2017M. Pembukaan ajang syiar Islam selama bulan Ramadhan ini dilakukan di ruang utama Masjid Istiqlal usai Salat Jumat, ditandai dengan pemukulan bedug.
 
Tampak hadir, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar , Sesditjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Direktur Urusan Agama Islam M Thambrin, dan jemaah Salat Jum'at Masjid Istiqlal.
 
Kamaruddin Amin mengapresiasi inisiatif Badan Pengelola Pelaksana Masjid (BPPM) Istiqlal untuk menggelar Istiqlal Ramadhan Fair. Terlabih, lanjutnya, inisiatif yang dibuat produktid dan merefleksikan fungsi masjid.
 
"Saya mengapresiasi inisiatif ini. Masjid Istiqlal sebagai simbol negara sudah semestinya tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah dan mencerdaskan masyarakat muslim, tapi juga sebagai penjaga gawang keimanan umat," ujarnya, Jumat (19/05).
 
"Rencana kegiatan Istiqlal Ramadhan Fair sangat produktif dan merefleksikan fungsi masjid," sambungnya.
 
Kamaruddin barharap aktivitas di istiqlal ini bisa menginspirasi dan memberi semangat kepada umat dan masjid lainnya. Menurutnya, Pemerintah mendukung upaya masjid dalam meningkatkan kualitas keimanan dan keagamaan di Indonesia, utamanya untuk memberikan makna mendalam atas kedatangan Bulan Ramadhan.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua BPPM Istiqlal Bahrul Hayat melaporkan bahwa Masjid Istiqlal akan mengadakan Istiqlal Ramadhan Fair 1438H/2017M. Kegiatan ini digelar untuk menghadirkan masjid Istiqlal di tengah jemaah dan umat dalam bentuk yang lebih variatif. Adapun kegiatan yang akan dilakukan antara lain:
 
1. Bazar selama satu bulan, 
2. Pameran kaligrafi dan seni, 
3. Takjil berbuka puasa tiap hari, 
4. Tausiah sebelum berbuka puasa yang akan dikemas dengan kegiatan syiar seni dan budaya Islam, 
5. Tarawih yang akan menghadirkan ulama dan cendekiawan untuk memberikan ceramah kultum tarawih,
 
6. Santunan 1000 anak yatim. "Kami berharap Menteri Agama nantinya dapat hadir saat pemberian santunan anak yatim," ujarnya.
7. Pesantren ramadlan dengan target 1000 anak sekolah. "Kepada jamaah yang mempunyai anak usia sekolah, kami ajak untuk ikut pesantren Ramadhan di Masjid Istiqlal," tuturnya. 
8. Nuzulul Qur'an, dan 
9. Takbir bersama di Masjid Istiqlal
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 1436 Kali
Berita Terkait

0 Comments