Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/05/2017 16:45 WIB

Asosiasi Ikan Hias Kota Bekasi Butuh Balai Benih

Ikan Hias Air Tawar
Ikan Hias Air Tawar
BEKASI_DAKTACOM: Asosiasi Ikan Hias Kota Bekasi meminta balai benih ke pemerintah daerah untuk mempertahankan usaha budidaya ikan hias tawar asal Bekasi.
 
Sebab keberadaan pembudidaya ikan hias tawar kian terkikis, dengan beralihnya lahan menjadi permukiman baru.
 
Ketua Asosiasi Ikan Hias Kota Bekasi, Atep Setiawan mengatakan pada tahun 1990-an, Kota Bekasi merupakan penyuplai ikan hias tawar yang cukup besar di Indonesia.
 
Jangkauannya, kata dia, sudah mengorbit ke negara Jepang, Tiongkok, Singapura bahkan Eropa.
 
Namun seiring perkembangan zaman dan banyak beralih fungsinya lahan, sehingga berimbas pada pembudidaya yang beralih pekerjaan lain.
 
"Secara otomatis suplai ikan hias bukan di Bekasi lagi, tapi sudah begeser ke Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat," ujar Atep saat berkunjung ke Plaza Pemkot Bekasi, Rabu (17/5) malam.
 
Karena itu, pihaknya meminta kepada pemerintah daerah agar dibuatkan balai benih ikan hias. Dengan begitu, jangkauan ikan hias bakal kembali mengorbit hingga ke luar negeri.
 
"Sampai sekarang sebetulnya masih ada yang dikirim ke luar negeri tapi jumlahnya sedikit. Kebanyakan menyuplai untuk daerah di Indonesia," jelasnya.
 
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan pemerintah memiliki lahan yang kosong di dekat Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatiasih.
 
Menurut dia, lahan itu bisa dijadikan balai benih untuk menjawab keluhan para pembudidaya ikan hias.
 
"Hari ini Dinas Pertanian dan Perikanan buatkan Instruksi Wali Kota untuk buat langkah-langkahnya soal balai benih," kata Rahmat.
 
Rahmat menyatakan, pemerintah akan terus mempertahankan pusat promosi ikan hias di Jalan Pariwisata, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.
 
Dengan demikian, pembudidaya ikan hias tawar akan terus eksis keberadaannya.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Wartakota
- Dilihat 332 Kali
Berita Terkait

0 Comments