Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 30/04/2015 11:13 WIB

Bambang Brodjonegoro: Tak Ada Hutang Indonesia ke IMF

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
JAKARTA_DAKTACOM: Hutang Pemerintah Indonesia terhadap International Monetary Found (IMF) sudah lunas. Pernyataan itu dibenarkan oleh Menkeu, Bambang Brodjonegoro, Kamis (30/04/15). 
 
Bambang meluruskan persoalan sisa hutang yang disebut oleh Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto bahwa suatu bentuk cadangan devisa yang diberikan oleh IMF kepada BI, namun belum pernah digunakan sebelumnya karena pertumbuhan ekonomi negara yang masih cukup baik.
 
"Yang disebutkan oleh Pak Andi itu bukan hutang luar negeri, tapi berupa cadangan devisa. Pemerintah Indonesia tidak punya lagi hutang kepada IMF," ujarnya.
 
Bambang mengatakan dana cadangan devisa tersebut adalah bagian dari standar pengelolaan devisa, untuk anggota IMF dan tidak ada keharusan untuk melunasinya.
 
"Karena kita masih menjadi anggota IMF, jadi dana itu sebagai bagian dari pengelolaan devisa, jadi bukan hutang yang harus dibayarkan oleh pemerintah," jelanya.
 
Bambang tidak menampik bahwa pemerintah masih mempunyai hutang luar negeri yang belum dilunasi kepada Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia/ADB, sementara untuk hutang dengan IMF memang sudah lunas sejak tahun 2006 lalu
 
Ketidaksepahaman di internal Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla kembali terjadi, kali ini menyangkut posisi utang pemerintah terhadap Dana Moneter Internasional/IMF.
 
Sebelumnya, Seskab Andi Widjajanto mengungkapkan statistik utang luar negeri Indonesia yang dicatatkan BI per tgl 31 Januari 2015, masih ada sisa utang ke IMF sebesar US$ 2,79 miliar, yang belum terbayarkan oleh pemerintah Indonesia.
 
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 2483 Kali
Berita Terkait

0 Comments