Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 17/05/2017 14:15 WIB

Kemenag Beri Beasiswa Siswa MTs Inovator Energi Listrik dari Pohon Kedondong

Kemenag Beri Beasiswa Siswa MTs Inovator Energi Listrik dari Pohon Kedondong
Kemenag Beri Beasiswa Siswa MTs Inovator Energi Listrik dari Pohon Kedondong
JAKARTA_DAKTACOM: Siswa MTs Langsa Naufal Raziq menemukan inovasi energi listrik dari pohon kedondong. Sebagai apresiasi, Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) memberikan beasiswa.
 
"Kami sangat mengapresiasi prestasi dan inovasi yang dilakukan Naufal. Kami sudah bertemu dengannya untuk memberikan beasiswa," ujar Direktur KSKK M Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Rabu (17/05).
 
Menurutnya ada tiga hal yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Naufal:
 
Pertama, beasiswa senilai Rp20juta. "Beasiswa ini diberikan langsung hari ini di Kementerian Agama dalam bentuk tabungan," katanya.
 
Kedua, beasiswa pendidikan bagi Naufal untuk melanjutkan ke madrasah unggulan, yaitu MAN 3 Malang. "Naufal akan diterima melalui jalur khusus. Selain agar bisa mengembangkan riset, Naufal diharapkan bisa menginspirasi siswa MAN 3 Malang lainnya," katanya.
 
Ketiga, bantuan proses sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Menurut M Nur Kholis, Kemenag sudah memiliki pengalaman dalam proses pengurusan sertifikasi HKI.
 
Sebelumnya, ada sembilan karya ilmiah hasil riset para siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri yang sudah tercatat di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
 
Sembilan hasil riset tersebut adalah:
 
1.Manfaat Lendir Bekicot (Achatina fulica) sebagai Obat Luka Alama (Pencipta: Risma Nailul Amalia)
 
2.Pemanfaatan Tulang Ayam Boiler Sebagai Bubur Yang Bergizi dan Bernilai Ekonomis (Pencipta: Fahril Haikal Ilmi Sihabuddin)
 
3.Fermentasi Sampah Sayuran Pasar Grosir Kota Kediri Sebagai Pakan Ternak Untuk Meningkatkan Hasil Pertenakan Sapi di Kota Kediri dan Sekitarnnya (Pencipta: Muhammad Rofiqul Ilmi)
 
4.Kopi Biji Pepaya Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Pencipta: Astrid Rizkiya Sally)
 
5.Roti Sukun Untuk Diet Rendah Kalori (Pencipta: Astrik Rizkya Sally)
 
6.Pemanfaatan Sarang Telur Laba-laba (Cocoon) Dari Ordo Araneae Sebagai Bahan Alami Alternatif Penutup Luka (Pencipta: Rezza Putri Mahartika)
 
7.Pengaman Rumah Penggerak Solenoid dengan Koder Morse (Pencipta: Aufa Millatul Haqq)
 
8.Potensi Biofungisida dari Jahe, Lengkuas Merah, Kunyit dan Labu Siam Untuk Mencegah dan Membasmi Jamur pada Tanaman Sawi (Pencipta: Rahmah Nur Diana)
 
9.Nasi Gadung (Dioscorea hipsida Dennst) Sebagai Substitusi Nasi Jagung (Zae mays) Sebagai Makanan Rendah Kalori bagi Penderita Obesitas. 
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 1428 Kali
Berita Terkait

0 Comments