Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/05/2017 10:30 WIB

Tradisi Sampajang Saratu’ Masyarakat Sulsel di Malam Nisfu Sya’ban

Tradisi Sampajang Saratu Masyarakat Sulsel di Malam Nisfu Syaban
Tradisi Sampajang Saratu Masyarakat Sulsel di Malam Nisfu Syaban
MAKASSAR_DAKTACOM: Peringatan malam nisfu sya'ban dihelat khusus KH Anwar Sadat dan masyarakat Belawa Wajo, Sulawesi Selatan dengan menggelar Muhasabah dan Sampajang Saratu' di Lacukkang, Makassar, Jumat (12/5) dini hari.
 
Bertempat di kediaman KH Anwar Sadat putera (alm) AGH Abd Malik, serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam peringatan ini, diawali dengan yasinan dilanjutkan dengan sampajang saratu' atau shalat lail 100 rakaat, kemudian muhasabah, taushiyah dan dilanjutkan dengan doa. Agendapun dilanjutkan dengan sahur bersama untuk berpuasa di 15 Sya'ban.
 
Ratusan jamaah yang terdiri dari masyarakat asal Belawa Wajo yang berukim di Makassar, Gowa dan Jeneponto, mereka rata-rata pedangang di sejumlah pasar seperti pasar Terong, Sentral dan pasar Sungguhminasa, tak ketinggalan para mahasiswa asal Belawa Wajo yang tinggal di Makassar. Mereka mamadati kediaman KH Anwar Sadat hingga meluber di teras dan pinggir jalan.
 
Kiai Anwar Sadat menyampaikan, renungan malam Nisfu Sya'ban ini selain sebagai ajang untuk introspeksi diri bagi jamaah juga sebagai wahana untuk meningkatkan ajang silaturahmi.
 
"Acara Ihya Lailatul Nisfu Sya'ban ini, telah menjadi rangkaian acara rutin di Masjid Darussalam Mange, Kecamatan Belawa, dan setiap tahunnya dihadiri lebih dari 1000 jamaah. Kini sudah sembilan tahun kami adakan di Makassar, sehingga masyarakat Belawa yang ada di Makassar dan sekitarnya tak perlu lagi ke Belawa," jelas alumni Mesir ini.
 
Selain taushiyah jamaah dapat saling bertukar informasi terkait situasi terkini, muhasabah dan Samapajang Saratu' sendiri telah menjadi agenda rutin di Masjid Darussalam Belawa yang ditanamkan oleh (alm) AGH Abd Malik.
 
Selain masyarakat di Belawa, shalat lail dan muhasabah nisfu sya'ban juga dilaksanakan di Malangke Luwu Utara, Masjid Tua di Kabupaten Bone serta sebaran pengamal tarekat.
Editor :
Sumber : nu.or.id
- Dilihat 1197 Kali
Berita Terkait

0 Comments