Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/05/2017 06:00 WIB

Kemenag Jadikan Rohis Sarana Pembinaan Islam Rahmatan lil Alamin

Kemenag Jadikan Rohis Sarana Pembinaan Islam Rahmatan lil Alamin
Kemenag Jadikan Rohis Sarana Pembinaan Islam Rahmatan lil Alamin
MEDAN_DAKTACOM: Kementerian Agama meminta para guru untuk mengoptimalkan keberadaan Rohani Islam (Rohis) sebagai sarana pembinaan pemahaman siswa sekolah tentang Islam rahmatan lil alamin.
 
Hal ini ditegaskan Kasubdit Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMP Nifasri saat menjadi narasumber kegiatan Pengembangan Pembelajaran PAI pada SMP di Medan, Kamis (11/05). Kegiatan yang difokuskan pada penguatan metodologi pembelajaran ini diikuti 70 Guru PAI SMP dari wilayah Sumatera Utara.
 
Menurut Nifasri, PAI saat ini dihadapkan pada tantangan berkembangnya paham radikalisme, anti pancasila, dan intoleransi beragama. Oleh karena itu, Guru PAI bertugas menginternalisasi pesan dan nilai Islam Rahmatan lil Alamin kepada siswa.
 
Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menjadikan Rohis sebagai program unggulan untuk menyebarkan pesan Islam sebagai rahmat dengan metode yang menarik.
 
"Sampaikan Islam Rahmatan lil Alamin dengan metode yang menarik pada Pembinaan Rohis," jelas Nifasri.
 
Selain itu, lanjut Nifasri, guru PAI juga harus mampu menginisiasi program PAI Unggulan di Sekolah. Pembelajaran di kelas bukanlah satu-satunya sarana, karenanya penting juga misalnya para guru mengembangkan Laboratorium PAI.
 
"Yang jelas, metode pembelajaran tidak boleh berhenti pada pembelajaran di kelas," tegas Nifasri.
 
Guru PAI bisa menjadikan Laboratorium PAI sebagai program Unggulan jika guru mampu menerapkan metode inquiry based learning dengan baik.
 
"Arahkan peseta didik untuk melakukan penelitian terkait materi PAI, pasti Laboratorium PAI akan ramai dikunjungi," tandasnya.
 
Kegiatan Pengembangan Pembelajaran PAI pada SMP ini berlangsung hingga 12 Mei 2017. 
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 1540 Kali
Berita Terkait

0 Comments