Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 05/05/2017 14:30 WIB

Underpas Tambun Bekasi Rabu Depan Dibuka

underpass tambun
underpass tambun
CIKARANG_DAKTACOM: Warga Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,  khususnya yanga berada di sisi Utara rel KA, boleh berbangga, karena pada Rabu (10/5) pekan depan, jalan bawah tanah (underpass) Tambun akan diresmikan.
 
“Rencananya akan diresmikan oleh Kementerian Perhubungan yang membangun underpass tersebut. Setelah itu, langsung bisa dioperasikan,” ujar Kepala Bidang Prasarana Wilayah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, E.Y. Taufik pada Jumat (5/5).
 
Proyek pembangunan underpass Tambun, Kabupaten Bekasi senilai Rp 103 miliar itu sejak Agustus 2014 lalu. Pembangunannya sempat terhenti selama setahun pada 2015 karena terkendala persoalan lelang dengan pihak ketiga. Untuk mendukung pengerjaan itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi mengucurkan uang Rp 40 miliar untuk pembebasan lahan seluas 1,2 hektar sebagai penunjang pembangunan underpass.
 
“Lahan yang dibebaskan milik warga setempat dan sudah dibayar menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2014,” kata Taufik.
 
Menurut Taufik, underpass Tambun memiliki dimensi lebar mencapai 32 meter yang terdiri dari dua jalur dengan empat lajur. Panjang masing-masing jalur adalah 200 meter dengan rel kereta api yang berada di atasnya.
 
“Pembangunan underpass ini program dari pemerintah pusat atas usulan dari pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah kemacetan yang terjadi di wilayah Tambun-Cibitung,” ungkapnya.
 
Dia menambahkan, pembangunan underpass ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di beberapa titik sepanjang Jalan Sultan Hasanudin, Tambun hingga Cibitung. Terlebih bila jalur jalan ditutup karena kereta api hendak melintas. “Makanya pemerintah daerah mengusulkan agar dibuatkan underpass. Alhamdulillah sekarang selesai dan kami berharap bisa memecah kemacetan di Tambun dan Cibitung,” jelasnya.
 
Sementara itu Zaenal dan Yadi, warga Mangunjaya Indah I RW 010 Tambun Selatan menuturkan, jika underpass itu sudah beroperasi, akan banyak warga yang mengalami kemudahan, “Sekarang ini kalau ada acara di rumah, kasihan dengan mereka yang datang jauh-jauh,” ujar Zaenal, sambil mengatakan, untuk ke rumahnya harus memutar melintasi jalan tikus.
Editor :
Sumber : Poskota
- Dilihat 1512 Kali
Berita Terkait

0 Comments