Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 03/05/2017 14:30 WIB

Musyawarah Akbar Ummat Islam akan Digelar 8 Mei Mendatang

Pers conference Musyawarah Ummat Islam
Pers conference Musyawarah Ummat Islam
JAKARTA_DAKTACOM: Peran Ummat Islam dan Ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, mempertahankan dan menjaga NKRI dari berbagai ancaman disintegrasi dalam negeri maupun luar negeri sudah teruji.
 
Ummat dan Ulama memainkan peran penting dalam menjaga NKRI dari  paham/ideologi,  dan serbuan budaya  yang merusak.
 
Ulama dan ummat  bagaikan  dua sisi mata uang, memikirkan ummat sama dengan membahas peran Ulama. 
 
Pengaruh Ulama sebagai  pembina dan pembimbing ummat tidak pernah  lekang di makan zaman.   Pengorbanan ummat dan Ulama secara lahir batin adalah  bagian  dari  keutuhan NKRI.
 
Center of Study for Indonesian Leadership (CSIL), pusat kajian yang memiliki fokus di bidang Kepemimpinan bersama Ulama, cendekiawan serta para aktivis alumni 212 memprakarsai terselenggaranya, Musyawarah Akbar Ummat Islam (MAU ISLAM) dengan tema bertajuk “Kepemimpinan Ulama Bagi Kemashlahatan Bangsa dan Kejayaan NKRI“di Asrama Haji Pondok Gede 8 - 10 Mei 2017.
 
MAU ISLAM akan menghadirkan tiga nara sumber utama, yakni Menko Polhukam, Jenderal TNI (Purn.) DR. H. Wiranto, SH, kemudian Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu, dan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, S.Ag serta tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh nasional lainnya.
 
Musyawarah ini akan diikuti oleh Ulama, pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam, cendekiawan, tokoh masyarakat, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan pesantren, Pemuda dan Mahasiswa muslim, komunitas, serta elemen muslim lainnya dari seluruh indonesia
 
Diharapkan dengan adanya MAU Islam para peserta dapat mengenali dan menyamakan persepsi mengenai situasi dan kondisi umat Islam bangsa Indonesia pada saat ini, dalam lingkup regional maupun nasional. 
 
Kemudian  memposisikan kembali peran serta umat Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta, meletakkan posisi/peran kepemimpinan ulama selaku pembina dan pembimbing umat, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan cita-cita dan tujuan Kemerdekaan Indonesia 
 
Dan  tidak kalah penting adalah terbentuknya Majelis Kepemimpinan Umat Islam Indonesia (MKUI-I) secara institusional sebagai wujud kepemimpinan ulama guna berpartisipasi aktif dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjaga eksistensi dan masa depan Negara NKRI yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana dimaksud dalam Undang Undang Dasar Negara Indonesia 1945
 
Dengan demikian, penting dipahami bahwa Musyawarah Akbar Umat Islam (MAUI) ini bukan dimaksudkan unuk menyaingi Majelis Ulama Indonesia (MUI), akan tetapi lebih pada memperkuat peran institusi ulama yang sudah eksis berkiprah sejak zaman Orde Baru. 
 
Bahkan sebagai wujud pengamalan sikap ihtiram (memuliakan) kepada ulama, Panitia MAUI memberikan kehormatan kepada Almukarrom DR. (HC). KH. Ma'ruf Amien, Ketua Umum MUI yang juga Ra'is Syuriyah PBNU untuk membuka secara resmi Musyawarah Akbar Umat Islam (MAU ISLAM) dan menyampaikan Khutbah IFTITAH (Pembukaan).
 
MAU ISLAM adalah murni ijtihad dari putra-putri bangsa untuk menjadikan umat Islam lebih mampu berkiprah secara institusional untuk mewujudkan NKRI yang utuh, beradab dan bermartabat
Editor :
Sumber : Rilis Panitia Musyawarah Ummat Islam
- Dilihat 1393 Kali
Berita Terkait

0 Comments