Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 02/05/2017 11:00 WIB

Kemenag: Hardiknas Momen Tumbuhkan Patriotisme dan Nasionalisme

Nur Syam saat membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional pada upacara Hardiknas di halaman kantor
Nur Syam saat membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional pada upacara Hardiknas di halaman kantor
JAKARTA_DAKTACOM: Tanggal 2 Mei diperingati oleh masyarakat Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Sekjen Kemenag Nur Syam mengatakan bahwa Hardiknas tahun ini merupakan momentum untuk menumbuhkan patriotisme dan nasionalisme.
 
"Hardiknas bukan hanya memperingati perjuangan dan jasa besar Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Lebih dari itu, Hardiknas adalah momentum untuk terus memajukan pendidikan sekaligus menumbuhkan patriotisme dan nasionalisme seluruh insan pendidikan," demikian pesan Nur Syam saat membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional pada upacara Hardiknas di halaman kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (02/05).
 
Kepada para pejuang pendidikan, Nur Syam menyampaikan apresiasi atas peran aktif mereka dalam mendidik, memberi inspirasi, dan membangkitkan semangat anak bangsa hingga tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, berpengetahuan serta memiliki keterampilan dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.
 
Menurutnya, pendidikan adalah hak setiap warga dan negara wajib membiayainya. Karena itu, Pemerintah bersama masyarakat terus berupaya memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan di seluruh kawasan, termasuk daerah terdepan, terluar, dan terpencil (3T).
 
Meski pembangunan pendidikan telah memberikan hasil, kata Nur Syam, namun kualitas SDM Indonesia masih ketinggalan dibanding negara lain di ASEAN. Karenanya, perlu upaya lebih aktif dan sinergis untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.
 
"Upaya lebih aktif dalam memajukan pendidikan perlu ditingkatkan agar bangsa kita tidak menjadi tamu terasing di negeri sendiri, terutama karena terjajah oleh budaya asing dan terpaksa menari di atas irama gendang bangsa lain," tegasnya.
 
"Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh insan pendidikan. Semoga usaha kita dapat bermanfaat dalam hal pemerataan pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan yang lebih baik," harapnya.
 
Upacara peringatan Hardiknas di halaman kantor ini diikuti oleh para pejabat Eselon I, II, III, dan IV, serta pejabat fungsional Kementerian Agama. 
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 1366 Kali
Berita Terkait

0 Comments