Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 25/04/2017 15:00 WIB

DPR Minta BLK di Daerah Kembali Diberdayakan

ilustrasi latihan kerja
ilustrasi latihan kerja
JAKARTA_DAKTACOM: Anggota Komisi IX, Dewi Asmara mengkritisi Balai Pelatihan Tenaga Kerja yang terkesan mati suri.
 
"Sesungguhnya apabila BLK di tingkat Provinsi itu dapat mencetak tenaga kerja yang mempunyai keahlian seperti misalnya sekretaris, perhotelan, montir bengkel itu yang mobilnya versi terbaru seperti Esemka," katanya pada Selasa (25/4).
 
Namun sayangnya Dewi mengemukakan BLK di tingkat daerah mempunyai keterbatasan anggaran sehingga mereka tidak mampu melakukan pelatihan-pelatihan seperti yang diharapkan.
 
"Salah satu faktor yang menyebabkan BLK di daerah kekurangan anggaran karena mereka hanya ditopang oleh APBD yang terbatas. Makanya mereka seperti hidup segan, mati tak mau. Solusinya Kemendagri dan Kemenaker perlu duduk bersama untuk membicarakan masalah anggaran ini," paparnya.
 
Munculnya era Masyarakat Ekonomi Asean membuat tenaga kerja Indonesia harus siap bersaing dengan tenaga kerja asing dari berbagai sektor. Namun sayangnya salah satu faktor yang membuat TKI tertinggal dibandingkan TKA karena mereka tidak mempunyai keahlian dan berpendidikan masih rendah. 
 
Hal inilah yang membuat Komisi IX merasa perlu membangkitkan kembali BLK di berbagai daerah untuk meningkatkan kualitas TKI agar dapat meningkatkan daya saing mereka dalam menghadapi era MEA.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1060 Kali
Berita Terkait

0 Comments