Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 19/04/2017 13:00 WIB

Danrem 051/Wkt Pantau Pelaksanaan Pilkada DKI Putaran Dua

Danrem 051 Wkt Pantau Pelaksanaan Pilkada DKI Putaran Dua
Danrem 051 Wkt Pantau Pelaksanaan Pilkada DKI Putaran Dua
JAKARTA_DAKTACOM: Guna menciptakan situasi aman, damai dan lancar dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi DKI putaran ke dua, Danrem 051/Wkt, Kolonel Inf Rifki memantau pelaksanaan Pilkada melalui posko pengamanan Pilkada DKI putaran ke dua Cagub/Cawagub DKI dan Tahun 2017. 
 
Kegiatan posko pengamanan Pilkada bertempat di Makodim 0505 /JT  Jalan Sumarno, Kelurahan Pulo Gebang, Kecsmatan Cakung,  Jakarta Timur, Rabu (19/4).
 
"Posko pengamanan Pilkada ini dalam rangka memonitor perkembangan situasi pelaksanaan Pilkada DKI putaran ke dua, khususnya situasi di TPS yang ada di wilayah DKI Jakarta,"  ungkap Danrem 051/Wkt, Kolonel Inf Rifki disela kegiatannya di posko pengamanan. 
 
Menurut Rifki selaku Dansubsatgas pengamanan wilayah Timur mengatakan, bahwa tugas  pengamanan Pilkada ini dalam rangka membantu tugas kepolisian dalam menciptakan situasi yang aman, damai dan lancar pada saat pencoblosan suara sampai dengan penghitungan suara.
 
"Untuk jumlah TPS yang tersebar diwilayah baik di wilayah Jakarta Timur sejumlah 3694 TPS, sedangkan diwilayah Jakarta Selatan berjumlah 2982 TPS  yang hari ini menggunakan Hak pilihnya untuk melaksanakan pencoblosan suara guna memilih calon pemimpin DKI Jakarta," ujarnya.
 
Rifki menambahkan, satuan yang dikerahkan dalam pengamanan Pilkada DKI putaran ke 2 ini terdiri dari satuan organik Korem 051/Wkt dengan kekuatan 638 orang dan Satuan non organik (BKO)  sejumlah 6.159 orang, yang semuanya insert dilokasi TPS yang sudah dibagi sesuai dengan TPS yang tersedia bersama dengan unsur Polri atau 3 pilar. 
 
"Pasukan yang ada telah kita sebar untuk melaksanakan pergeseran ke TPS yang ada diwilayah untuk membantu Polri dalam pengamanan saat pencoblosan suara nantinya," terangnya.
 
Rifki menegaskan, posko pengamanan Pilkada DKI putaran ke dua ini sudah mulai operasional dari tanggal 17 sampai 20 April 2017, guna memonitor setiap perkembangan situasi yang mungkin timbul yang berdampak pada keamanan.
 
"Kami harapankan pengamanan Pilkada DKI ini perlu mendapatkan perhatian yang serius agar bisa berjalan dengan aman, damai dan lancar dan tidak ada konflik," tegasnya.
 
Untuk mendukung pengamanan tersebut, sambung Rifki, para personel yang terlibat Pam TPS sebelumnya telah menerima pembekalan Pilkada tentang tugas yang harus  dilakukan dan memahami prosedur atau ketentuan yang berlaku yang disampaikan oleh Panglima TNI maupun Kapolri kepada seluruh prajurit TNI dan Polri di econvention Ancol kemarin. 
 
Dalam menjaga netralitas, Rifki juga tidak lupa menyampaikan dan meningatkan kepada seluruh prajuritnya yang tersebar TPS  untuk benar-benar  menjaga netralitas TNI didalam pelaksanaan dilapangan nanti.
 
"Saya mengintruksikan kepada prajurit untuk tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugasnya dan jaga netralitas TNI serta laksanakan tugas sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku," tutupnya
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 196 Kali
Berita Terkait

0 Comments