Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/04/2015 20:00 WIB

Ada Car Free Day di May Day?

Aksi buruh pada May Day tahun lalu
Aksi buruh pada May Day tahun lalu

JAKARTA_DAKTACOM: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggelar kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day pada saat peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada 1 Mei 2015.

"Untuk May Day nanti kita ada rencana untuk menggelar kegiatan car free day, karena 1 Mei itu kan sudah jadi tanggal merah, hari libur," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (28/4).

Rencananya, menurut dia, car free day yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari buruh itu akan dilaksanakan seperti yang biasa digelar setiap hari Minggu, yakni di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

"Konsepnya nanti sama seperti car free day yang hari Minggu saja, di sepanjang jalan protokol, mulai dari Sudirman sampai Thamrin. Waktu pelaksanaannya juga sama, dari jam 06.00 hingga 11.00 WIB," ujar Basuki.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan kegiatan car free day pada peringatan Hari Buruh Internasional itu digelar untuk membatasi jumlah kendaraan bermotor yang melintas di sepanjang jalan protokol tersebut.

"Kalau pun nanti banyak buruh yang berkumpul di Istana Negara, kita mau supaya nanti pada jalan saja. Jadi tidak ada mobil. Penyelenggaraan car free day saat May Day ini nanti akan terus kita koordinasikan dengan Polda Metro Jaya," tutur Basuki.

Pada saat peringatan May Day nanti, dia mengharapkan agar aksi-aksi yang dilakukan oleh para buruh berjalan dengan damai dan tertib. Diharapkan tidak ada tindakan-tindakan anarkis yang terjadi selama aksi buruh berlangsung.

"Kita meminta supaya tanaman-tanaman dan juga pot-potnya tidak dirusak. Kalau sampai dirusak, nanti akan kita gugat. Aksi harus dilakukan dengan tertib. Jangan buang sampah di sembarang tempat," ungkap Basuki. ***

Editor :
Sumber : ANTARA News
- Dilihat 2263 Kali
Berita Terkait

0 Comments