Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 17/04/2017 07:00 WIB

Menaker: Teknologi Jadi Pengendali Ekonomi dan Tenagakerja

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri
JAKARTA_DAKTACOM: Kementerian Ketenagakerjaan bersama Internasional Labour Organization (ILO), Senin (17/4), akan menyelenggarakan dialog nasional bertajuk “Future of Work Initiative” di Hotel Arya Duta, Jakarta.
 
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Director of International Labour Organization for Indonesia and Timor Leste Michiko Miyamoto dijadwalkan akan memberikan pidato pembukaan. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama satu hari penuh dengan rangkaian diskusi yang diisi oleh para narasumber di bidang ketenagakerjaan, perekonomian, dan teknologi.
 
Pihak penyelenggara menargetkan sekitar 60 peserta hadir dalam kegiatan tersebut. Adapun mereka yang bakal hadir berasal dari kalangan pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga swadaya masyarakat, hingga akademisi.
 
Pertemuan tersebut sekaligus menjadi lanjutan dari konferensi ILO pada 2013. Acara puncak dijadwalkan akan diselenggarakan pada 2019 mendatang.
 
Dialog tersebut berangkat dari perubahan besar yang terjadai dalam ketenagkerjaan diseluruh dunia. Teknologi diyakini menjadi pengendali utama transformasi di pasar tenaga kerja.
 
Seperti diketahui, teknologi tak hanya membawa perubahan tak terkecuali di bidang perekonomian. Para pengamat pun mengingatkan agar seluruh pemangku kepentingan menyadari hal tersebut.
 
Managing Director Technology Accenture Indonesia Engkun Juganda juga menilai pada era Internet of Things (IoT) pesaing dalam bisnis bisa datang dari arah yang tak terduga. Kini, para pelaku usaha tak bisa hanya membaca pergerakan dari kompetitor utama.
 
“Kreativitas para pemegang perusahaan sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan,” jelas Engkun.
 
Dia menambahkan perkembangan teknologi akan mengarah kepada efisiensi dan personalisasi. Dalam beberapa waktu ke depan, menurut Engkun, manusia akan lebih mudah berkomunikasi dengan teknologi.
 
“Kalau di negara maju perubahan teknologi berlaku secara bertahap sedangkan di Indonesia trennya selalu melompat. Oleh karena itu, para pemimpin usaha tak boleh lengah menyikapi perkembangan tersebut,” jelas Engkun.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 125 Kali
Berita Terkait

0 Comments