Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 10/04/2017 16:41 WIB

DTKB Dorong Smart Transportation di Kota Bekasi

DTKB Bersama Walikota Bekasi
DTKB Bersama Walikota Bekasi
BEKASI_DAKTACOM: Sektor transportasi merupakan kebutuhan masyarakat karena menyangkut hajat hidup orang banyak dan kini telah menjadi tulang punggung perekonomian.
 
Pada hari Senin, 10 April 2017, Walikota Bekasi Dr Rahmat Effendi secara resmi melantik Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB). Dr. Harun Al Rasyid dari LPPM UNISMA Bekasi ditunjuk sebagai Ketua, didampingi oleh tiga wakil ketua yaitu; Drs. Nurul Yakin Setyabudi (Ahli Kebijakan Publik dan Perlindungan Konsumen), Tedy Murtejo, ST MM (Pakar Transportasi) dan Hotman S Pane, SH (Ketua Organda Kota Bekasi).
 
Keberadaan sistem transportasi publik yang modern dan terintegrasi akan mampu meningkatkan mobilitas,  efisiensi dan produktifitas masyarakat. 
 
Oleh karena itu untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam perencanaan dan penataan sistem transportasi yang lebih komprehensif maka dibentuk Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB) yang bertanggung jawab langsung kepada Walikota Bekasi.
 
Dewan Transportasi Kota Bekasi (DTKB) merupakan lembaga multi stakeholder diharapkan akan berperan mewujudkan peningkatan pelayanan dan perlindungan konsumen di bidang transportasi, sekaligus sebagai wujud  peran serta masyarakat dalam proses perumusan kebijakan transportasi di Kota Bekasi. 
 
Lembaga ini dibentuk berdasarkan Keputusan Wali Kota Bekasi No. 551.1/Kep.206 - Dishub /IV 2017.
 
DTKB beranggotakan perwakilan dari berbagai unsur Pakar, keahlian dan elemen masyarakat, seperti ; Perguruan Tinggi, Pakar Transportasi, Pakar Teknologi Informasi, Planologi, Arsitek, Ekonomi Transportasi, Pengusaha Angkutan, Pengguna Jasa Transportasi dan Lembaga Swadaya Masyarakat.
 
DTKB menjadi forum konsultasi dan koordinasi antara masyarakat dan Pemerintah Daerah, yang fungsi utamanya adalah memberikan saran kepada Walikota guna pengambilan kebijakan mengenai transportasi di Kota Bekasi. 
 
DTKB akan segera melakukan kajian secara menyeluruh untuk merumuskan grand design dan mendorong terwujudnya smart transportation yang aman, nyaman dan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas.
 
Sejumlah hal yang menjadi fokus perhatian DTKB diantaranya; upaya mengurai kemacetan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang transportasi, merumuskan peraturan daerah tentang transportasi dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan sistem transportasi dan mobilitas kota yang modern yang efisien, untuk mewujudkan Kota Bekasi yang maju, sejahtera dan ihsan.**
Editor :
Sumber : Rilis DTKB
- Dilihat 2418 Kali
Berita Terkait

0 Comments