Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 29/03/2017 13:00 WIB

Populi Center: Pemilih Tekankan Identitas Keagamaan

Pilkada Serentak 2015
Pilkada Serentak 2015
JAKARTA_DAKTACOM: Peneliti Populi Center, Usep Akhyar mengungkapkan semakin melekatnya politik identitas berdasarkan agama.
 
"Saat kami melakukan survey di akhir tahun 2016, warga Jakarta tidak terlalu peduli dengan pemimpin non muslim, namun dari hasil survey terakhir kami menunjukkan fakta bahwa sebanyak 48,3% menolak jika Jakarta dipimpin oleh Gubernur non muslim. Hanya sekitar 28% yang menerimanya," ujarnya pada Rabu (29/3).
 
Usep bahkan mengaku telah melakukan survey mengenai kepemimpinan dari tingkat RT hingga Presiden dan menemukan fakta baru bahwa alasan keagamaan menjadi salah satu faktor para pemilih menentukan pilihan terhadap pemimpin.
 
"Jadi bahkan ketika kami survey mengenai pemilihan pemimpin dari tingkat RT, RW, Camat, hingga Presiden. Alasan keagamaan muncul cukup besar bahkan hingga mengalahkan anti korupsi," paparnya.
 
Menjelang putaran kedua Pilgub DKI Jakarta ini memang sangat kental dengan sejumlah isu-isu SARA, bahkan masa kampanye yang saat ini berlangsung tidak nampak adanya penajaman dari visi misi kedua paslon.
 
Pihak penyelenggara pemilu seperti Bawaslu dan KPU DKI Jakarta didesak untuk mempunyai sikap tegas atas munculnya isu-isu SARA karena hingga saat ini tidak ada satupun pihak yang diberikan hukuman atas pelanggaran kampanye.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1423 Kali
Berita Terkait

0 Comments