Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 26/03/2017 12:00 WIB

Din Syamsudin Terima Gelar Doktor Kehormatan dari University of Fatoni

Din Syamsudin mendapat gelar kehormatan dari University of Fatoni
Din Syamsudin mendapat gelar kehormatan dari University of Fatoni
THAILAND_DAKTACOM: Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin menerima Anugerah Doktor Honoris Causa dari Univeristy of Fatoni, Thailand, Ahad 26 Maret 2017. 
 
Gelar Kehormatan itu diberikan oleh Senat Universitas Fatoni krn Din Syamsuddin dianggap berjasa dalam bidang Pemikiran Keislaman dan Peradaban Islam.
 
Fatoni University adalah universitas Islam pertama dan terbesar di Thailand, berkedudukan di Patani, pusat kesultanan Islam masa lampau di Bagian Selatan Thailand; memiliki banyak prodi bidang ilmu-ilmu keislaman dan ilmu-ilmu pengetahuan serta  teknologi modern. 
 
Pada kesempatan itu, Din Syamsuddin yg merupakan Guru Besar Pemikiran Politik Islam UIN Jakarta menyampaikan Orasi Ilmiah dgn judul "Revivalization of Islamic Sciences Towards The Revival of Islamic Civilization, The Roles of Muslims Polity". 
 
Dalam orasinya, Din mengatakan Dunia Islam harus merebut kembali kejayaan dalam bidang ilmu pengetahuan seperti yang telah dicapainya pada Abad-abad  Pertengahan. Untuk itu, lanjut Din, diperlukan upaya serius, sistematis, dan sttategis dlm pengembangan iptek dan riset, melalui upaya peningkatan mutu pendidikan Islam baik tingkat menengah maupun tinggi. 
 
Hal ini, menurut Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini, memerlukan dukungan politik pemerintahan. Seperti halnya pada masa kejayaan peradaban Islam, Pemerintahan Dinasti Abbasiah memberikan dukungan serius dengan mendirikan Baitul Hikmah yang merupakan pusat riset ilmu pengetahuan. 
 
Dari sini lahir banyak ilmuan dan filosuf Muslim yang bahkan menjadi penemu ilmu pengetahuan baru.
 
Di akhir pidatonya Din mendorong universitas-universitas Islam untuk bangkit maju dengan mengembangkan riset untuk dapat menjadi centre for academic excellence.
 
Acara penganugerahan Doktor Kehormatan dilakukan oleh Presiden Senat Fatoni University Wan Muhammad Nor Matha didampingi oleh Rektor Fatoni University Prof. Ismail Lutfi Jafakia. 
 
Turut hadir sejumlah rektor Universitas-universitas Islam dari beberapa negara termasuk BPH Universitas Muhammadiyah Jakarya (UMJ) Prof. Dr. Bahtiar Effendy dan Drs. Hajriyanto Thohari, disusul Rektor UMJ Prof. Dr. Syaiful Bakhri.
 
Ketika ditanya, Din Syamsuddin, peraih doktor dari University of California Los Angeles (UCLA) ini, menyatakan rasa syukur dan bahagia atas kehormatan ini, namun di dalamnya terdapat amanat untuk ikut merealisakan kebangkitan dan kemajuan peradaban Islam, tegas Din yang juga menjabat Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM)
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1566 Kali
Berita Terkait

0 Comments