Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 24/03/2017 15:00 WIB

RS Mitra Timur Sosialisasikan Bahaya Tuberkulosis

Talkshow Bincang Sehat Bersama RS Mitra Bekasi Timur
Talkshow Bincang Sehat Bersama RS Mitra Bekasi Timur
BEKASI_DAKTACOM: Tanggal 24 Maret diperingati sebagai hari Tuberculosis atau TB sedunia.  Tuberculosis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis dan bisa menyarang di paru-paru serta diluar paru-paru.
 
“Gejala bila menyarang di paru-paru, seperti batuk berdahak lebih dari dua minggu, tetapi ada juga yang tidak berdahak. Sesak nafas, nyeri dada dan batuk mengeluarkan darah. Jika selama dua minggu minum obat tidak ada perubahan mungkin harus berfikir mengalami Tuberculosis,” kata dr. Rahmayanti Sp.P kepada Radio Dakta, Jum'at, (24/03).
 
“Namun gejala yang menyerang tubuh antara lain demam tidak terlalu tinggi dan pada malam hari. Berat badan turun, lemah, letih, lesu serta nafsu makan berkurang,” tambahnya.
 
Penyakit Tuberculosis atau TB dapat menyerang seseorang melalui udara dan harus ada sumber penularannya. Sumber penularan merupakan pasien TB itu sendiri.
 
Ketika pasien yang positif mengalami gelaja TB bersin atau batuk maka orang disekitarnya berpotensi tertular.
 
“Sementara Indonesia sendiri menempati urutan keempat di dunia dengan jumlah populasi pasien TB terbanyak, setelah China, India, dan Afrika Selatan,” ujarnya.
 
Rahmayanti menambahkan bahwa penyakit TB menyerang usia produktif antara 15-55 tahun. 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1456 Kali
Berita Terkait

0 Comments