Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 08/03/2017 06:30 WIB

4 Perlintasan Sebidang di DKI Jakarta Tutup Pada Mei 2017, Ini Rute Alternatifnya

Ilustrasi Perlintasan Kereta Api Liar
Ilustrasi Perlintasan Kereta Api Liar
JAKARTA_DAKTACOM: Pemerintah menyiapkan sejumlah rute alternatif bagi para pengguna jalan menyusul rencana penutupan empat perlintasan sebidang di Provinsi DKI Jakarta pada Mei 2017 yang akan datang.
 
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono mengatakan, para pengguna jalan dapat melewati rute-rute alternatif tersebut ketika empat perlintasan sebidang di beberapa tempat ditutup.
 
Rute alternatif, paparnya diperlukan guna memberikan pemahaman kepada pengguna jalan - terutama pengguna kendaraan bermotor - agar tidak membuat kemacetan lalu lintas di sekitar perlintasan sebidang yang ditutup.
 
"Ketika awal ujicoba maupun saat penutupan perlintasan sebidang Jl. Letnan Jenderal Soeprapto dilaksanakan, ada beberapa kendala yang timbul, terutama bagi pengguna kendaraan bermotor yang mengalami kesulitan memahami alternatif jalan yang disosialisasikan. Hal ini berdampak pada kemacetan di sekitar perlintasan sebidang tersebut," kata Prasetyo, Jakarta, dalam siaran pers pada Selasa malam (7/3).
 
Berikut rute – rute alternatif yang telah disiapkan oleh pemerintah terkait dengan penutupan empat perlintasan sebidang pada tahap pertama:
 
 1. Penutupan perlintasan sebidang Jl. Pejompongan I (JPL No.42 di Km.10+374 lintas Tanah Abang – Serpong)
 
Rute alternatif:
 
• Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Tentara Pelajar/Palmerah yang akan berputar balik dan mengarah ke Selatan yaitu ke Jl. Tentara Pelajar/ Permata Hijau dipersilahkan berputar arah di Jl. Penjernihan sebelum SPBU.
 
2. Penutupan perlintasan sebidang Jl. Pasar Minggu (JPL No.17 di Km 15+309 lintas Manggarai – Bogor):
 
Rute alternatif:
 
• Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Kalibata yang akan menuju ke Pasar Rebo turun melalui underpass melalui Jl. Tanjung Barat Raya.
 
• Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Depok yang akan menuju Pasar Rebo berputar arah di depan Robinson Pasar Minggu turun melalui underpass atau berputar arah di depan Kementerian Pertanian.
 
3. Penutupan perlintasan sebidang Jl. TB. Simatupang (JPL No.20c di Km. 20+785 lintas Manggarai – Bogor):
 
Rute alternatif:
 
• Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Depok yang akan menuju Pasar Rebo berputar arah di depan Robinson Pasar Minggu turun melalui underpass atau berputar arah di depan Kementerian Pertanian.
 
4. Penutupan perlintasan sebidang Pondok Kopi/Penggilingan (JPl No.63 lintas Manggarai – Bekasi)
 
Rute alternatif:
 
• Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. I Gusti Ngurah Rai/Cakung yang akan menuju Jl. Raya Penggilingan dan Jl. Sumarno memutar arah di depan stasiun Buaran naik melalui flyover.
 
• Pengguna jalan yang datang dari arah Jl. Raya Penggilingan dan Jl. Sumarno menuju tol lingkar luar/timur naik ke flyover dan memutar arah di depan stasiun Buaran terus melalui Jl. I Gusti Ngurah Rai;
 
• Pengguna jalan yang datang dari arah Jatinegara menuju Jl. Raya Penggilingan dan Jl. Sumarno naik melalui flyover.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Bisnis.com
- Dilihat 396 Kali
Berita Terkait

0 Comments