Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 06/03/2017 13:00 WIB

Pemprov Jabar Bersiap untuk Pilkada Serentak 2018

Pilkada Serentak 2015
Pilkada Serentak 2015
BANDUNG_DAKTACOM: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mulai bersiap menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 mendatang. Dalam Pilkada 2018 ini Jawa Barat akan memilih Gubernur serta 16 bupati dan walikota. 
 
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat Ruddy Gandakusumah mengatakan pihaknya harus bersiap sejak dini agar pelaksanaan bisa matang. Sebab, pilkada serentak yang direncanakan pada Juni 2018 dinilai krusial karena melibatkan banyak lokasi. 
 
"Selain pemilihan Gubernur Jabar, juga terjadi pada enam kota yakni Bandung, Bogor, Cirebon, Sukabumi, Banjar, dan Bekasi. Serta sepuluh kabupaten yakni Bogor, Purwakarta, Sumedang, Subang, Bandung Barat, Kuningan, Majalengka, Cirebon, Garut, dan Ciamis. Karenanya, inisiasi awal harus dilakukan," kata Rudi di Kota Bandung, Senin (6/3). 
 
Rudi menuturkan pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, dan OPD berkaitan dengan kependudukan. Serta perlu berdiskusi sedari dini guna mengetahui peta di lapangan jelang pilkada serentak tahun depan. 
 
Pemprov Jabar dikatakannya melalui Kesbang Linmas akan mendukung tugas inti KPU dan Bawaslu. Baik kebijakan ataupun fasilitas yang dibutuhkan dua lembaga tersebut. 
 
Secara praktis, kata dia, dukungan diberikan dalam penyediaan dana pilkada, peningkatan partisipasi pemilih, penyiapan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan, menjaga netralitas aparat sipil negara (ASN). Serta koordinasi teknis penyelenggaraan dan koordinasi keamanan.
 
Ia pun berharap pesta demokrasi rakyat ini akan disosialisasikan dengan gebyar. Sehingga anggaran yang dialokasikan bisa efektif dan efisien dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada.
Editor :
Sumber : Republika
- Dilihat 1724 Kali
Berita Terkait

0 Comments