Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 03/03/2017 09:00 WIB

Dubes RI Temui Mendagri Suriah Bahas TPPO

Mendagri Suriah Letjen Mohammad Shaar dan Dubes RI Djoko Harjanto  RI
Mendagri Suriah Letjen Mohammad Shaar dan Dubes RI Djoko Harjanto RI
DAMASKUS_DAKTACOM: Pada hari Rabu (1/3), Dubes RI Damaskus, Djoko Harjanto, bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Suriah, Mayjen Muhammad Ibrahim As-Sya’ar, di Kantor Kementerian Dalam Negeri Republik Arab Suriah di Damaskus.
 
Dalam pertemuan tersebut, Dubes RI menyampaikan ucapan terima kasih atas kemudahan dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Suriah dalam rangka pengurusan exit permit untuk merepatriasi WNI ke Indonesia sejak tahun 2012 lalu. 
 
Sampai saat ini jumlah WNI/TKI yang telah direpatriasi dari Suriah mencapai 12.621 orang. Terkait hal ini, Dubes Djoko kembali mengangkat beberapa permasalahan yang kerap dialami oleh para TKI/TKW di Suriah, di antaranya: hak-hak seperti tersendatnya pembayaran gaji dan pengurusan ijin tinggal, majikan yang tidak bertanggung jawab, keberadaan TKI/TKW yang sulit dilacak dikarenakan berpindah-pindah majikan tanpa dilaporkan ke instansi terkait,  masa kerja yang melebihi kesepakatan kontrak, kekerasan dan penganiayaan dari majikan dan lain-lain.
 
Rentannya kondisi TKI/TKW di Suriah membuat Dubes Djoko juga menyampaikan kepada Mendagri Suriah bahwa Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No. 260 telah memberhentikan secara total pengiriman tenaga kerja pada pengguna perorangan di negara-negara kawasan timur tengah sejak 1 Juli 2015. 
TKI/TKW yang masuk ke Suriah setelah masa penghentian pengiriman tersebut dikategorikan sebagai korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).
 
Pada kesempatan yang sama, Menteri Ibrahim menegaskan kesiapannya untuk bekerja sama dalam menyelesaikan semua kasus yang dialami oleh PLRT Indonesia. 
 
Menteri menyampaikan komitmen Suriah untuk membantu Indonesia dalam memfasillitasi permasalahan TKI/TKW karena adanya hubungan persahabatan yang sudah terjalin baik selama ini antara Suriah dan Indonesia. 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Rilis KBRI Suriah
- Dilihat 341 Kali
Berita Terkait

0 Comments