Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 27/02/2017 16:30 WIB

DPR: Kedatangan Raja Salman Bawa Hal Positif

Taufik kurniawan
Taufik kurniawan
JAKARTA_DAKTACOM: Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan menilai banyak hal positif yg akan diperoleh Indonesia atas kedatangan Raja Salman.
 
Taufik menilai Kunjungan Raja Salman ke Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya tarik Kerajaan Arab Saudi setelah 46 tahun lamanya sejak kedatangan terakhir Raja Faisal.
 
"Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar, Indonesia adalah negara potensial, bukan hanya dari perspektif budaya, tapi juga sosial, politik, ekonomi serta pertahanan dan keamanan sehingga posisi itulah yang seharusnya bisa dimanfaatkan pemerintah Indonesia dalam pergaulan di dunia internasional, khususnya dengan negara-negara besar dan maju, seperti Arab Saudi"
 
Taufik mengakui ada beberapa hal penting yang menyangkut kepentingan kerja sama kedua belah pihak. 
 
"Pertama mengenai perjanjian kerja sama investasi dimana Arab Saudi telah mewacanakan kerja sama investasi tersebut dengan nilai  hampir mencapai Rp 300 triliun. Pemerintah diharapkan dapat menjadikan investasi tsb utk menumbuhkan perekonomian dalam negeri"
 
Kedua, mengenai kerja sama tenaga kerja dimana terdapat jutaan Tenaga Kerja Indonesia yg mencari nafkah di Arab Saudi. Meski demikian, Taufik memperingatkan berbagai persoalan yang menyangkut keberadaan TKI di Arab Saudi harus memperoleh perhatian, khususnya aspek keamanan, perlindungan dan kesejahteraan. Agar hubungan simbiosis ini tetap dapat menguntungkan kedua belah pihak.
 
"Ketiga, sebagai negara Muslim terbesar, Indonesia juga merupakan penduduk dengan animo ibadah Haji yang cukup besar. Karena itu, saya berharap pemerintah mampu melobi utk penambahan kuota haji yang selama ini telah ada setelah perluasan Masjid Haram di Makkah dan beberapa destinasi ibadah lainnya di wilayah tersebut"
 
Selain itu, sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar sekaligus menganut prinsip-prinsip demokrasi, Taufik mengatakan kunjungan ini dapat dimanfaatkan untuk membicarakan peran Indonesia dan Arab Saudi dalam meredakan ketegangan konflik di negara2 Muslim, serta memberi kontribusi bagi solusi terhadap ancaman terorisme. Khususnya dalam menekan paham-paham radikal yang sedang berkembang.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1065 Kali
Berita Terkait

0 Comments