Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 24/02/2017 08:30 WIB

RS Mitra Keluarga Miliki Teknologi THR & TKR

Talkshow RS Mitra Keluarga bersama dr Sumono
Talkshow RS Mitra Keluarga bersama dr Sumono
BEKASI_DAKTACOM: Total Hip Replacement (THR) atau Total Knee Replacement (TKR) merupakan istilah teknologi mengganti persendian dari panggul dan lutut yang sudah mengalami kerusakan pada stadium lanjut dari penderita Osteoarthritis atau pengapuran.
 
“Pengapuran merupakan sesuatu yang normal, bisa terjadi pada setiap orang dan tidak bisa dihindarkan karena faktor penuaan. Penurunan dari kualitas tubuh, persendian terutama membawa beban berat tentunya suatu saat akan menggalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa bertahap mulai dari stadium satu hingga empat,” kata Dr. Sumono Handoyo, SpOT kepada Radio Dakta, Bekasi,  Jum'at, (24/02).
 
Dirinya mengatakan jika sudah mencapai stadium empat, tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan. Pada saat itu penderita akan merasakan nyeri yang terus menerus dan mengganggu aktivitas.
 
Gejala umumnya adalah terasa nyeri disetiap gerakan, sedang berjalan, pada saat melipat sendi panggul dan melipat lutut, untuk itu perlu dilakukan Total Hip Replacement dan Total Knee Replacement yaitu mengganti persendian dari panggul serta mengganti persendian lutut secara total.
 
“Saat umur 40 tahun, pada masa mudanya sering melakukan olahraga berat dan berat badan berlebih umunya akan lebih beresiko mengalami pengapuran. Gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi penyebab, serta dampak terburuknya adalah penderita mengalami gangguan dalam beraktivitas,” tambahnya.  
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 232 Kali
Berita Terkait

0 Comments