Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Senin, 13/02/2017 07:00 WIB

KOPI DASI: Politik Uang di Kabupaten Bekasi Seperti Gunung Es

tolak politik uang
tolak politik uang
CIKARANG_DAKTACOM: Terungkapnya dugaan praktik politik uang di Desa Mukti Wari Kecamatan Cibitung yang dilakukan oleh Ketua RT dan oknum PNS pada Sabtu (11/02) kemarin hanya merupakan gunung es dari massifnya gerakan politik uang di Pilkada Kabupaten Bekasi.
 
Demikian disampaikan Ketua Komunitas Pemilih Muda Bekasi (Kopi Dasi) Ahmad Djaelani. Menurut dia, diperkirakan pola serupa juga dilakukan oleh tim pasangan calon tertentu di desa-desa lainnya di Kabupaten Bekasi.
 
“Membuktikan money politik memang rada susah, apalagi transaksinya dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Namun berdasarkan informasi yang kami terima, masyarakat pemilih di hari-hari terakhir ini memang sudah banyak yang diiming-imingi untuk diarahkan memilih calon tertentu dengan imbalan amplop berisi uang,” ujar pria asal Kecamatan Cibarusah ini, Ahad (12/02).
 
Djaelani mendesak RT/RW harus bisa bersikap netral dalam gelaran Pilkada ini. Jangan mau dimanfaatkan oleh tim pasangan calon tertentu untuk membagi-bagikan uang kepada masyarakat pemilih. “Sebagai perangkat pembantu pemerintahan, RT/RW harus bersikap netral,” tegasnya.
 
Bagi warga yang memiliki hak pilih, Djaelani berharap agar menolak segala macam bentuk politik uang. Baik itu yang berupa amplop berisi uang atau janji hadiah dalam bentuk lainnya.
 
“Untuk warga, jika ada RT/RW yang mengajak memilih satu calon karena uang, pasti RT/RW itu nggak peduli sama kemajuan Kabupaten Bekasi. Jangan ikuti RT/RW seperti itu,” tegasnya.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2083 Kali
Berita Terkait

0 Comments