Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 10/02/2017 15:14 WIB

Bea Cukai Bantah Persulit DPR Konfirmasi Dugaan KTP Palsu

Ilustrasi eKTP
Ilustrasi eKTP
JAKARTA_DAKTACOM: Direktur Jenderal Bea Cukai (DJBC), Heru Pambudi menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mempersulit DPR terutama melakukan konfirmasi atas beredarnya berita terkait masuknya KTP palsu melalui Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta. Justru sebaliknya  kunjungan resmi Anggota Komisi II DPR yang dipimpin oleh Agung Widyantoro tersebut diterima dengan baik.
 
“Berdasarkan laporan dari lapangan, pada hari Jumat tanggal 3 Februari 2017 didapati pengiriman barang melalui Fedex berupa 36 lembar KTP, 32 lembar kartu NPWP, satu buku tabungan, dan satu buah kartu ATM.” papar Heru Pambudi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/2).
 
Heru juga menjelaskan bahwa barang kiriman tersebut berasal dari Kamboja dan belum dapat mengetahui motif apa yang mendasarinya.
 
“Sesuai dengan prosedur, petugas lapangan melakukan pemeriksaan rutin atas barang-barang yang dikirim melalui Perusahaan Jasa Titipan termasuk yang lewat Fedex ini. Pemeriksaan dilakukan baik atas dokumen maupun fisik barang dengan menggunakan alat bantu Xray. Pemeriksaan dilakukan bersama dengan petugas Fedex. Jadi ini sebenarnya kegiatan rutin.” imbuhnya.
 
Dirinya menambahkan, saat ini Bea Cukai sedang melakukan pendalaman bersama-sama dengan Direktorat Jenderal Pajak, Kepolisian, dan Kementerian Dalam Negeri/Dukcapil terkait dengan paket kiriman tersebut.
 
“Kami tengah berkoordinasi intensif untuk mengetahui motif dari pengiriman barang-barang tersebut. Kalau melihat ada KTP, NPWP, Buku Tabungan, dan Kartu ATM, bisa jadi pengiriman ini terkait dengan rencana kejahatan siber, kejahatan perbankan, atau pencucian uang. Untuk memastikannya, perlu waktu untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.” pungkasnya.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1118 Kali
Berita Terkait

0 Comments