Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 06/02/2017 13:00 WIB

MUI: Sertifikasi Pendakwah Tidak Urgen

din syamsuddin
din syamsuddin
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Wantim MUI, Din Syamsudin menilai kebijakan standarisasi pendakwah tidak ada urgensinya.
 
"Saya berkeyakinan kebijakan ini tidak ada urgensinya dan manfaat, bahkan bisa menimbulkan masalah baru. Jika hanya diterapkan kepada pemuka agama islam, maka nanti akan dipandang sebagai sebuah kebijakan yang tidak berkeadilan," ujarnya pada Senin (6/2).
 
Din menilai pemerintah terlalu jauh ikut campur apabila berencana melakukan standarisasi dan sertifikasi terhadap para pendakwah, semestinya mereka cukup melakukan pembimbingan dan pembinaan melalui Kemenag.
 
"Jika ada ceramah-ceramah yang tidak menampilkan watak islam yang rahmatan lil alamin, tentu harus diatasi namun tidak dengan cara standarisasi dan sertifikasi karena akan dinilai sebagai ikut campur yang terlalu jauh oleh pemerintah," katanya.
 
Wacana pemerintah untuk melakukan standarisasi dan sertifikasi terhadap para pendakwah menimbulkan berbagai reaksi.
 
Sebagian kalangan menilai hal tersebut dapat meningkatkan mutu para pendakwah agar apa yang disampaikan dapat menjadi tuntunan bagi umatnya. Namun sebagian lainnya beranggapan hal ini sebagai intervensi pemerintah terhadap ranah keagamaan yang selalu menjadi isu sensitif bagi masyarakat Indonesia. Maka dari itu pemerintah diharapkan berhati-hati dalam membahas masalah tersebut. 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1661 Kali
Berita Terkait

0 Comments