Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 02/02/2017 10:00 WIB

Jangan Malu Konsultasi Keputihan ke Dokter Kandungan

Talkshow soal keputihan bersama RS SIloam
Talkshow soal keputihan bersama RS SIloam
BEKASI_DAKTACOM: Keputihan adalah gejala yang dialami oleh wanita, segala usia akan mengalaminya. Banyak kalangan mengatakan keputihan adalah salah satu penyakit yang nantinya akan menjadi Kanker Mulut Rahim.
 
Namun tidak semua keputihan bisa diartikan sebuah penyakit, karena ada dua macam jenis keputihan yang dialami oleh seorang wanita.
 
“Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan yang normal dan tidak normal. Keputihan adalah keluarnya cairan dari vagina yang bukan darah dan berlangsung setiap saat,” kata dr. Atik Purwitaningrum, SpOG di Studio Radio Dakta, Bekasi (2/2). 
 
Keputihan yang normal menurutnya adalah setiap bulan menjelang dan setelah menstruasi kondisi kelembapan tinggi serta hormon sedang tinggi itu bisa terjadi keputihan dengan jumlahnya yang sedikit, tidak berbau, tidak kental dan tidak sakit. 
 
Berbeda dengan keputihan yang berbahaya, jumlahnya yang banyak, berbau, kental dan sakit bahkan bisa berwarna hijau atau kuning.
 
“Penyebab keputihan sendiri ada banyak, namun jika ingin mengetahuinya dengan tepat disarankan konsultasi dengan dokter karena akan dilakukan pemerikasaan. Menggunakan celana yang ketat, lelah dan padatnya kegiatan sehari-hari bisa menjadi penyebabnya, prisnsipnya adalah menjaga kelembapan dan kebersihan,” imbuhnya. 
 
Atik juga menambahkan agar para wanita yang mengalami keputihan tidak malu dan segera untuk berkonsultasi dengan dokter. 
 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 445 Kali
Berita Terkait

0 Comments