Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Komisi V DPR RI Desak KNKT Selidiki Insiden Pesawat Garuda

Pesawat Garuda Tergelincir
Pesawat Garuda Tergelincir

JAKARTA_DAKTACOM : Insiden pesawat garuda dengan nomer penerbangan GA 258 yang tergelincir di bandara Adisutjipto Yogyakarta, mendapat respon dari Dewan Komisi V DPR RI. Komisi V meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki insiden tersebut.

 

Anggota Komisi V DPR RI, Moh. Nizar Zahro menyampaikan, insiden tergelincir atau kecelakaan pesawat sudah sering terjadi. Seakan setiap insiden tidak dijadikan pelajaran untuk mencegah kecelakaan selanjutnya.

 

"Kejadian yang berulang ini mengindikasikan transportasi udara masih bermasalah. Sekelas Pesawat Garuda bisa tergelincir. Ini khan ada apa?," ujarnya, kamis (2/2).

 

Menurut Nizar, penyebab insiden tergelincir atau kecelakaan pesawat, faktornya selalu sama. Yakni human error, moda transportasinya bermasalah dan cuaca. Karenanya politisi dari Fraksi Gerindra ini meminta kepada KNKT untuk menyelidiki insiden tergelincirnya pesawat garuda nomor penerbangan GA. Bila penyebabnya karena Human Error maka harus ditindak tegas.

 

"Ini agar memberikan efek jera terhadap pilotnya. Selain juga memberikan efek terhadap para pilot lainnya untuk lebih waspada," tuturnya.

 

Sedangkan bila penyebabnya dikarenakan pesawat garudanya yg bermasalah maka harus dilakukan perbaikan yang menyeluruh. Apalagi insiden pesawat garuda yang tergelincir, momentumnya bertepatan dengan adanya kasus suap di Garuda terkait pembelian mesin. "Apakah ada kaitannya dengan insiden ini, KNKT harus juga memeriksa kelayakan dari mesin garuda," tuturnya.

 

Selain itu, jika cuacanya yang bermasalah maka apakah pihak garuda berkoordinasi dengan ATC (Air Traffic Controller) yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antar pesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi.

 

"Ataupun apakah pihak garuda berkoordinasi dengan BMKG yang memiliki kewenangan untuk menyediakan dan memberikan perkembangan kondisi cuaca. Ini tentu harus diselidiki lebih lanjut oleh KNKT," Pungkasnya

Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 464 Kali
Berita Terkait

0 Comments